Sering Begadang? Waspada atau Biasa?

Dok: Google by @cantik.tempo.co

Bagi sebagian besar orang telah menganggap begadang menjadi hal yang lumrah dan banyak yang sering menyepelekan dampak buruknya. Mengantuk dan sering menguap serta rasa tubuh yang tidak bugar merupakan efek yang muncul dari tubuh akibat sering begadang. Namun, tahukah Anda? Risiko begadang dapat memengaruhi konsentrasi dan kondisi fisik Anda. Jika risiko ini dibiarkan dan kebiasaan tersebut disepelekan tentu memberikan dampak buruk yang semakin menumpuk dan menjadi investasi penyakit jangka panjang seperti meningkatkan risiko hipertensi, obesitas, penyakit jantung, diabetes, penyempitan pembuluh darah dan penurunan kewaspadaan. Waktu tidur cukup bagi orang dewasa yaitu 7-9 jam perhari sedangkan untuk anak-anak membutuhkan 10-13 jam perhari. Namun, kebutuhan tersebut dapat menyesuaikan usia dan aktivitas.

Berikut risiko yang mengintai Anda apabila sering begadang :

  • Menurunkan konsentrasi

Perlahan otak juga lelah dan membutuhkan istirahat, ketika tidur tubuh memproduksi hormon yang dapat membantu metabolisme tubuh. Kurangnya waktu tidur menurunkan fokus seseorang sehingga rawan terjadi kecelakaan. Selain itu dampak dari kurangnya waktu tidur yang cukup salah satunya adalah masalah psikologis mulai dari timbul kecemasan, suasana hati yang berubah-ubah serta gangguan dalam mengelola emosi. Maka tak heran seseorang yang waktu tidurnya sangat kurang rentan mudah marah atau mengalami kondisi emosional yang lain.

Baca Juga “Mari Mengenal Apa Itu Microsleep”

  • Menimbun Penyakit

Daya tahan tubuh akan menurun jika seseorang tidur dengan waktu yang kurang, sistem imunitas yang melemah akan membuat tubuh rentan terinfeksi virus, hal inilah yang menyebabkan seseorang mudah sakit. Begadang dapat menimbulkan penyakit seperti stroke, serangan jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Stroke dapat terjadi karena adanya pembuluh darah yang tidak bekerja dengan optimal. Tak hanya itu, begadang menyebabkan orang mudah gemuk karena tubuh akan mudah lapar dan apabila pola makan sulit dijaga dibarengi dengan kebiasaan stress eating maka akan meningkatkan risiko obesitas. Apabila hal ini diremehkan maka dapat membahayakan tubuh Anda sendiri.

Sobat, tak perlu khawatir untuk mencegah agar memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas Anda dapat melakukan hal-hal berikut
• jangan tidur siang di atas jam 3 sore
• jangan bermain gadget sebelum jam tidur
• konsisten memulai tidur di jam yang sama
• jangan mengonsumsi kafein ketika hendak tidur
Konsisten menjaga jam tidur agar tidak berantakan terdengar sulit. Namun, cobalah pelan-pelan mulai dari mempertegas diri sendiri. Sayangi tubuhmu dengan tetap menjaga waktu tidur yang cukup demi kesehatan hari hari, esok, dan masa yang akan datang.
Namun, apabila hal tersebut tidak bisa mengurangi kebiasaan Anda maka konsultasikanlah dengan dokter. Jangan biarkan kebiasaan ini berlangsung lama dan memengaruhi aktivitas Anda. (Humas KSR PMI Unit UNS/Rivani Yuniar)

Sumber:
https://hellosehat.com/pola-tidur/gangguan-tidur/efek-begadang-pada-kesehatan/

https://www.halodoc.com/artikel/terlalu-sering-begadang-ini-dampaknya-pada-tubuh

https://www.alodokter.com/banyak-kondisi-buruk-menanti-anda-karena-efek-begadang

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2697750/ini-penyakit-yang-mungkin-timbul-akibat-sering-begadang

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.