Mari Mengenal Apa Itu Microsleep!

Microsleep saat berkendara (Dok.Sumber : Freepik)

Pernahkah kamu tertidur saat berkendara? itu adalah microsleep loh Sobat #KSRUNS! Microsleep merupakan periode tidur yang sangat singkat dan tidak terkendali, kejadian ini berlangsung sepersekian hingga 10 detik. Microsleep adalah respons tubuh terhadap kurang tidur yang parah atau tidur yang terganggu secara konsisten. Biasanya gangguan ini dialami oleh orang yang bekerja shift malam, mereka dengan sleep apnea, dan orang dengan insomnia yang serius hingga mengganggu tidur dan mungkin tertidur untuk waktu yang singkat di siang hari. Microsleep dapat terjadi kapan saja, termasuk saat mengemudi. Pengemudi yang mengalami microsleep tidak sadar jika dirinya akan memasuki kondisi tidur bahkan hingga tertidur. Keadaan microsleep juga dapat terjadi dengan mata terbuka dengan pandangan kosong.  

Apa penyebab microsleep?

Microsleep dapat terjadi karena melawan rasa kantuk dan berusaha tetap terjaga. Microsleep terjadi ketika tubuh sangat kurang tidur. Tidak ada kondisi medis yang menyebabkan microsleep, tetapi setiap kondisi medis yang mempengaruhi tidur dapat menyebabkan microsleep. Dikutip dari laman halodoc.com, beberapa penyebab microsleep antara lain :

  • Gangguan tidur

Gangguan tidur dapat menyebabkan menurunnya kualitas dan kuantitas waktu tidur kalian Sobat! Karena gangguan tidur, otak menjadi kurang konsentrasi di siang hari. Gangguan tidur ini seperti sleep apnea dan insomnia.

  • Kerja shift malam

Bekerja dengan shift malam berarti memiliki pergeseran waktu tidur. Pergeseran waktu tidur ini juga dapat mengurangi waktu tidur kamu dan akhirnya dapat terjadi microsleep yang terjadi di transisi waktu tidur.

  • Memiliki hutang tidur

Buat teman-teman mahasiswa pasti sering banget nih hutang tidur. Jika kamu tidur kurang dari 6 jam, artinya kamu punya hutang tidur Sob! Semakin banyaknya hutang tidur bisa membuat kamu mengalami microsleep sewaktu-waktu.

  • Pengobatan

Efek samping dari meminum obat adalah mengantuk. Jika ditambah dengan kebiasaan kamu yang kurang menjaga pola tidur, maka efek samping tersebut bisa memperparah rasa kantuk kamu Sob!

Baca juga Mengenal Molnupavir, Calon Obat Antivirus Baru

Rasa kantuk saat menyetir (Dok.Sumber : Pinterest)

Gejala microsleep

Orang yang mengalami microsleep mungkin tidak melihat gejala yang jelas. Atau, mereka mungkin mengalami: 

  1. Mendadak kehilangan perhatian;
  2. Mendadak lupa apa yang sedang ia lakukan;
  3. Sering merasa kebingungan  dengan pekerjaan yang membutuhkan fokus, misalnya menyetir;
  4. Melamun;
  5. Lupa ingatan sesaat.

Microsleep juga ditandai dengan kondisi mengedipkan mata dengan frekuensi yang sering dan gerakan kepala seperti mengangguk serta tidak mampu mengingat suatu hal yang terjadi pada beberapa menit sebelumnya. 

Kecelakaan mobil (Dok.Sumber : Pinterest)

Bahaya microsleep

Seseorang yang sangat lelah sehingga mereka kehilangan kendali atas kemampuan mereka untuk mengendalikan tidur mereka sangat berbahaya, karena dapat meningkatkan risiko :

  1. Kecelakaan
  2. Kesalahan saat bekerja, misalnya kesalahan oleh petugas kesehatan yang bekerja dengan waktu yang panjang
  3. Kebingungan di siang hari. Pada keadaan normal otak dapat menangkap dan memproses berbagai stimulus, akan tetapi pada saat kelelahan akan membuat konsentrasi terganggu.
  4. Masalah hubungan, karena microsleep dapat mempengaruhi komunikasi 
  5. Melukai anak apabila tertidur disaat menggendong anaknya.

Baca juga Waspada Bencana Hidrometeorologi saat Natal dan Tahun Baru

Istirahat sejenak (Dok.Sumber : Freepik)

Cara menghindari microsleep

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menghindari microsleep. Simak ya Sob!

  • Minum kopi

Seperti yang kita ketahui, minum kopi dapat menahan rasa kantk kita. Namun, kamu harus memberi jarak waktu sebelum mengemudi karena biasanya kopi dapat memberikan efek setelah 30 menit dikonsumsi. 

  • Tetaplah beraktivitas

Saat berkendara, kamu dapat mempertahankan aktivitas kamu seperti mengobrol atau dapat berjalan dan berdiri saat di transportasi umum.

  • Tidur yang cukup

Tidur yang cukup adalah rentang 7-9 jam. Tidur cukup dapat membuat kamu menjalani aktivitas dengan badan dan pikiran yang segar.

  • Istirahatlah jika mengantuk

Jika kamu merasa lelah atau mengantuk saat berkendara, segeralah berhenti dan istirahat sejenak. Apalagi jika kamu berkendara untuk jarak yang jauh, disarankan untuk beristirahat setiap 1-2 jam sekali.

Gimana Sob? Ternyata bahaya banget yah microsleep ini. Microsleep merupakan penyebab umum kecelakaan. Iiiih ngeri! Ingat, kalau kamu lelah jangan lupa istirahat ya Sobat! Jangan terlalu dipaksakan 🙂 kesehatanmu loh! (Humas KSR PMI Unit UNS/Rivani Yuniar).

 

Referensi :

https://www.medicalnewstoday.com/articles/microsleep#risks

https://www.halodoc.com/artikel/microsleep-tidur-singkat-yang-membahayakan-kesehatan

Saputra, C. A., Erwanto, D., & Rahayu, P. N. (2021). DETEKSI KANTUK PENGENDARA RODA EMPAT MENGGUNAKAN HAAR CASCADE CLASSIFIER dan CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK Microsleep , Digital Image Processing , Haar Cascade Classifier , Convolutional Neural Network Network. 3(1), 1–7.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.