SURAKARTA – Peringati Hari Donor Darah Sedunia, PMI Kota Surakarta gelar acara kampanye donor darah di Kawasan Stadion Manahan, Surakarta (13/06). Acara ini diadakan untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada hari Jumat, 14 Juni 2019. Kegiatan ini diikuti oleh pengurus PMI Surakarta, AKBARA (Akademi Bank Darah), Relawan PMI baik TSR maupun KSR. Dalam acara ini KSR PMI Unit UNS turut serta untuk menyukseskan kampanye donor darah.  Acara kampanye ini dilakukan dengan membawa papan berisi ajakan untuk melakukan donor darah yang dibawa oleh semua peserta termasuk KSR PMI Unit UNS.

Peringatan Hari Donor Darah Sedunia tahun 2019, PMI Surakarta beserta semua unsur pendukung PMI menggencarkan ajakan berdonor darah agar kebutuhan darah berada di zona aman. Menurut Ibu dr. Kunti Dewi Saraswati (Kepala Unit Donor Darah PMI Surakarta) stok darah di PMI Surakarta digolongkan kedalam beberapa zona warna yang menunjukkan keadaan stok darah saat itu.

Relawan KSR PMI Unit UNS yang mengikuti Kampanye Donor Darah bersama PMI Solo

Zona warna stok darah PMI ada 3 golongan yakni merah (kurang dari 500 kantong), kuning (500-1.000 kantong) dan hijau (1.000-2.000 kantong). Unit Donor Darah PMI Kota Surakarta selalu mengusahakan jumlah kantong darah yang tersedia selalu berada di zona aman, yakni ada di zona hijau. Apabila jumlah darah berada di bawah zona aman maka keadaan itu perlu diwaspadai. Tak hanya itu. apabila jumlah darah yang tersedia lebih dari zona aman juga perlu diwaspadai berkenaan dengan usia darah.

dr. Kunti juga menyampaikan ajakan donor darah untuk membantu sesama kita yang membutuhkan. Tahun ini juga kami kenalkan beberapa slogan yakni Berdonor Darah, Selamatkan Kehidupan; Berdonor Darah Secara Rutin, Kamu Akan Menyelamatkan Kehidupan Sepanjang Tahun; Golongan Darahmu Lebih Berharga, Jika Kamu Berbagi dengan Berdonor Darah; Darah yang Aman, Selamatkan Kehidupan.”

Kegiatan donor darah rutin yang diadakan KSR PMI Unit UNS

KSR PMI Unit UNS yang merupakan bagian dari PMI juga turut berpartisipasi untuk menjaga ketersediaan kebutuhan darah. Upaya yang dilakukan dengan bekerjasama dengan PMI Surakarta untuk mengadakan donor darah secara rutin setiap dua bulan sekali di lingkungan kampus Universitas Sebelas Maret. (Humas KSR PMI Unit UNS/Amelia Nurhuda Kasanah)