Kantor WHO di Jenewa, Swiss ( Sumber :dok Reuters/Denis Balibouse)

Hasil studi baru yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) dan PBB, menunjukkan, bahwa orang yang menderita penyakit tidak menular, lebih rentan terkena sakit parah dan meninggal akibat COVID-19. 

Pengertian PTM atau Penyakit Tidak Menular

PTM atau penyakit tidak menular merupakan suatu penyakit yang apabila melakukan kontak dengan penderita tidak akan menular. PTM dapat disebabkan oleh faktor genetik dan diikuti dengan gaya hidup yang tidak sehat. Faktor risiko yang mempengaruhi terjadi penyakit tidak menular diantaranya adalah kegemukan, tekanan darah yang meningkat, peningkatan kadar glukosa dalam darah, serta tingkat kolesterol dalam darah yang tidak optimal.

Penyakit Tidak Menular masih menjadi situasi yang harus diperhatikan selama pandemi Covid-19. Data dari WHO menjelaskan bahwa penyakit tidak menular telah menyebabkan lebih dari 40 juta orang meninggal di seluruh dunia dalam satu tahun, dan 7 dari 10 kematian global disebabkan oleh penyakit tidak menular. Dari jumlah tersebut, menunjukkan 17 juta orang meninggal dini, sebagian besar antara umur 30 dan 70 tahun.

Apa Saja yang Termasuk Penyakit Tidak Menular ??

  1. Diabetes
  2. Obesitas
  3. Kanker
  4. Hipertensi
  5. Gangguan Pernapasan
  6. Penyakit Jantung
  7. Bronkitis
  8. Bronkiolitis
  9. Koroner
  10. Asma
  11. dan penyakit tidak menular lainnya

Apa Hubungannya PTM dengan Covid-19 ??

Dr. Nick Banatvala, Kepala satuan tugas PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) bagian penyakit tidak menular menjelaskan bahwa penyakit tidak menular meningkatkan kerentanan terhadap infeksi COVID-19, dan dapat berakibat buruk, termasuk pada anak muda. Penyebab umum PTM antara lain karena beberapa organ dalam tubuh penderita telah mengalami gangguan. Sehingga, dapat menurunkan imunitas tubuh dan meningkatkan risiko kematian apabila menderita Covid-19. Perlu adanya implementasi untuk memperkuat, dan mempertahankan kapasitas inti kesehatan masyarakat.

Dr. Nick Banatvala,  Kepala Lembaga PBB Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular  (Sumber : www.unodc.org)

Apa Hubungannya PTM dengan Covid-19 ??

Dewan Penasihat & Dewan Etik Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), Dr. dr. Anwar Santoso, SpJP(K) menjelaskan bahwa selain menjalankan protokol kesehatan Covid-19, masyarakat juga harus memperhatikan upaya optimalisasi pencegahan dan pelayanan pengobatannya contohnya seperti vaksinasi.

Penyakit Tidak Menular bisa Berdampak Komplikasi akibat COVID-19 ( Sumber : dok. Tumisu by Pixabay )

Lalu, Penyakit Tidak Menular Apa yang Paling Berisiko Menyebabkan Kematian Akibat Covid-19?

“Sebuah studi di Perancis menunjukkan, COVID-19 kemungkinan berkembang parah tujuh kali lebih tinggi, pada pasien dengan obesitas. Perokok, satu setengah kali lebih mungkin mengalami komplikasi parah akibat COVID-19 dan memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi. Penderita diabetes memiliki kemungkinan dua hingga empat kali lebih besar, untuk mengalami gejala yang parah atau meninggal dunia akibat COVID-19.” ujar dr. Nick Banatvala. ­

( Sumber : dok. Diana.grytsku by Freepik )

Jangan Khawatir ! Berikut Beberapa Cara untuk Mencegahnya

Untuk mengatasi permasalahan ini harus ada implementasi untuk memperkuat, mengembangkan dan mempertahankan kapasitas inti kesehatan masyarakat. Menurut Juru Bicara Satgas Covid-19,  dr. Reisa Broto Asmoro menjelaskan tingginya risiko kematian akibat covid-19 sebenarnya sangat bisa untuk dicegah sejak dini dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Mengatur pola makan
  • Batasi Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak/Minyak
  • Hindari Gula Berlebih
  • Hindari Konsumsi Garam Berlebih
  • Hindari Konsumsi Lemak Berlebih
  • Berolahraga (Berdiri dan berjalanlah minimal 30 menit)
  • Mematuhi Protokol Kesehatan

Nah, setelah membaca artikel diatas Sobat KSR UNS pastinya sudah menjadi lebih paham kan tentang PTM atau Penyakit Tidak Menular? Penting nih bagi kita untuk memahami hal-hal yang sangat berisiko disaat pandemi Covid-19. Ingat! Tetap disiplin dengan protokol kesehatan dan jangan lengah dengan keadaan yaa. Stay safe and stay healthy everyone[Humas KSR UNS/Vera Yuliati]

Sumber :

http://p2ptm.kemkes.go.id/artikel-sehat/penyakit-tidak-menular-tingkatkan-risiko-kematian-akibat-covid-19

Penyakit Tidak Menular Tingkatkan Risiko Kematian Akibat Covid-19 (voaindonesia.com)

https://www.okezone.com/tren/read/2020/10/18/620/2295629/pandemi-covid-19-jangan-lupakan-bahaya-penyakit-tidak-menular?page=2

https://repjabar.republika.co.id/berita/qyull7396/selain-covid-19-antisipasi-juga-penyakit-tidak-menular

3 Cara Cegah Penyakit Tidak Menular yang Picu Kematian Pasien Covid-19 Halaman all – Kompas.com