dok HUMAS KSR PMI Unit UNS (Foto di ambil sebelum pandemi)

KSR PMI Unit UNS sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di bidang kepalangmerahan dan kemanusiaan tidak henti-hentinya memberikan pelayanan serta kontribusi terhadap masyarakat. Pengabdian masyarakat ini dilaksakanbagai salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan peran nyata relawan PMI.

Bina Desa KSR PMI Unit UNS sudah berlangsung sejak tahun 2018 hingga sekarang, yang berlokasi di RW 20, Kaplingan, Jebres, Surakarta. Kegiatan yang aktif dilaksanakan seperti Senam Sehat Kaplingan, Pos Lansia RW 20, Bank Sampah dan masih banyak lagi, yang pastinya dengan harapan dapat mengembangkan warga di RW 20 menjadi masyarakat yang peduli akan pola hidup bersih dan sehat serta tujuan akhirnya dapat menciptakan warga RW 20 yang mandiri melalui kegiatan-kegiatan yang sudah sering dilakukan bersama KSR UNS.

 dok HUMAS KSR PMI Unit UNS (Foto di ambil sebelum pandemi)

Kegiatan pertama yaitu Senam Sehat Kaplingan yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali tepatnya pada hari Minggu pagi. Antusias warga RW 20 dalam mengikuti senam ini sangat besar dari berbagai macam usia. Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi warga desa dalam hal kesehatan dan mengajak mereka agar lebih menerapkan pola hidup sehat.

dok HUMAS KSR PMI Unit UNS

Dalam kondisi pandemi seperti ini KSR UNS tetap berusaha melaksanakan Senam Sehat Kaplingan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah di tetapkan. Kondisi yang bugar dan imun yang sehat dalam tubuh ini di butuhkan untuk terhindar dari virus serta bakteri yang sedang berkembang.

dok HUMAS KSR PMI Unit UNS (Foto di ambil sebelum pandemi)

Kegiatan yang kedua yaitu Pos Lansia yang rutin dilaksanakan sebulan sekali di desa tersebut. Kegiatan dari Pos Lansia yaitu Pengecekan Kesehatan berupa pengecekan tekanan darah dan berat badan. Setiap lansia memiliki kartu kontrol setiap datang di Pos Lansia dengan tujuan mempermudah dalam mengkontrol kesehatan lansia di RW 20.

dok HUMAS KSR PMI Unit UNS

Kegiatan Pos Lansia sebagai bentuk pengabdian relawan KSR UNS terhadap masyarakat tetap berjalan walaupun terhalang pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada. Inovasi yang telah dilaksanakan pada kegiatan ini dengan diterapkannya sistem door to door tau mendatangi rumah para lansia di RW 20. Dilaksanakan setiap satu bulan sekali, kegiatan ini memberikan kebahagian tersendiri bagi para lansia karena dalam kondisi pandemi seperti ini mereka masih dapat mengecek kesehatan secara rutin tanpa harus keluar rumah bertemu banyak orang.

dok HUMAS KSR PMI Unit UNS

Kegiatan selanjutnya adalah bank sampah Nurul Azhar, merupakan salah satu program SI EMPEDU (Sistem Pengelolaan Sampah Terpadu) yang dilakukan setiap satu bulan sekali. Kegiatan ini merupakan wadah pengelolaan sampah non organik khususnya plastik dan kardus. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mengurangi sampah serta meningkatkan kebiasaan masyarakat dalam memilah sampah yang ada di Desa Kaplingan.

dok HUMAS KSR PMI Unit UNS 

Untuk pandemi seperti ini sistem Bank Sampah yaitu jemput bola yang merupakan pengambilan sampah oleh relawan KSR UNS ke rumah-rumah warga RW 20. Sistem ini diterapkan dengan tujuan tidak menciptakan kerumunan dan meminimalisir adanya interaksi terhadap orang banyak.

dok HUMAS KSR PMI Unit UNS (Foto di ambil sebelum pandemi)

Tim Bank Sampah “Nurul Azhar” juga pernah mengikuti Festival Bazar “Hari Peduli Sampah Nasional” pada 23 Februari 2020. Kegiatan ini diadakan oleh Komunitas Bank Sampah Surakarta dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional. Tim Bank Sampah “Nurul Azhar” turut meramaikan acara tersebut dengan menampilkan kerajinan dari sampah seperti kokedama, pupuk organik dari cangkang telur, pupuk kompos dari sampah organik, sabun dari minyak jelantah dan tas/dompet dari bungkus makanan. Tidak kalah serunya mereka juga menampilkan fashion show modifikasi baju dari sampah. Pada kegiatan ini Tim Bank Sampah “Nurul Azhar” berkesempatan mendapatkan satu gerobak sampah yang berguna untuk mendukung kegiatan bank sampah.

Selain itu Desa Kaplingan mengikuti Lomba Kampung PROKLIM (Program Kampung Iklim) yang diselenggarakan pemerintah. Pada tingkat Kota Surakarta, RW 20 terpilih menjadi wakil dari Kelurahan Jebres untuk mengikuti lomba tersebut. Aspek yang dinilai mulai dari pengolahan sampah, limbah, pengairan, pemberdayaan masyarakat dan lain-lain. Dalam lomba ini RW 20 berhasil mendapat Juara 3 di tingkat Kota Surakarta.[HUMAS KSR PMI Unit UNS/Rona Azzah Zalva P]