Surakarta – Sabtu, 21 November 2020 KSR PMI Unit UNS selenggarakan Pelatihan PMR Wira Binaan KSR PMI Unit UNS secara online melalui aplikasi Zoom. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi materi Assessment, COR (Cidera Otot Rangka) dan CJL (Cidera Jaringan Lunak) antar PMR Wira Binaan KSR UNS.

Kegiatan ini diikuti oleh 15 sekolah yang di wakili masing-masing 3 siswa. Sekolah yang mengikuti antara lain SMA Al-Islam Surakarta, SMA N 1 Kartasura, SMA N 2 Surakarta, SMA N 3 Surakarta, SMA N 7 Surakarta, SMK N 3 Surakarta, SMK N 9 Surakarta, SMA MTA Surakarta, SMA Al-Azhar 7 Surakarta, SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo, MA Al-Islam, SMA Pradita Dirgantara, SMA Insan Cendekia, SMA Bilingual Boarding School Surakarta (ABBS) dan SMA Warga Surakarta.

Pemateri pada pelatihan ini di isi oleh Spesialis Pertolongan Pertama yaitu Wuri Prasetyo memaparkan materi Assesment, Arif Sudarsono memaparkan materi COR (Cidera Otot Rangka) dan CJL (Cidera Jaringan Lunak) serta Luqman Satria Pradana melakukan Praktek materi Assesment, COR (Cidera Otot Rangka) dan CJL (Cidera Jaringan Lunak).

Ketua pelaksana Afrizal menuturkan, bahwa dengan dilaksanakannya kegiatan ini para peserta dapat merefresh dan lebih menguasai materi dengan penyampaian langsung oleh pemateri di bidangnya. Harapannya kegiatan pelatihan ini dapat rutin dilaksanakan untuk kedepannya.

dok HUMAS KSR PMI Unit UNS

dok HUMAS KSR PMI Unit UNS

Penyampaian Materi Assesment

“Kegiatan seperti Pelatihan PMR Wira Binaan KSR PMI Unit UNS untuk pmr binaan ini sangat menarik dan edukatif sekali apalagi saat masa pandemi seperti ini, dapat membangkitkan semangat untuk belajar tentang pertolongan pertama bagi peserta PMR maupun pelatih pmr binaan yang sudah mulai lupa karena terhambatnya PMR Binaan di masa pandemi. Harapannya kedepannya bisa diadakan lagi acara latihan agar semangat belajar untuk menolong sesama tetap terjaga” ujar Wuri Prasetyo.

dok HUMAS KSR PMI Unit UNS

Penyampaian Materi COR CJL

Arif Sudarsono menuturkan, bahwa acara seperti ini keren memfasilitasi temen-temen PMR yang lagi kondisi pandemi seperti ini, sharing ilmu yang insyaaAllah berguna buat temen-temen PMR.

dok HUMAS KSR PMI Unit UNS

Praktik Materi Assesment

“Kegiatan yang sangat berkesan, karena dapat kita sadari di kondisi pandemi seperti ini sudah jarang sekali ada pmr binaan, adapun itu online yang pastinya para pelatih juga terbatas oleh alat karena juga dilakukan di rumah. Harapan saya acara seperti ini dapat di pertahankan, lebih lagi setelah pandemi dapat latihan secara offline sehingga PMR Binaan KSR UNS juga dapat lebih kenal satu dengan yang lain dan pastinya tercapainya kesetaraan materi” ungkap Luqman.

dok HUMAS KSR PMI Unit UNS

Peserta Pelatihan PMR Wira Binaan KSR UNS Huda SMA MTA Surakarta berkata, “Alhamdulillah acaranya mantab, penyampainnya mudah di pahami. Semoga kedepannya dapat di adakan lagi karena sangat bermanfaat”.

“Selain penyampaian dan praktik yang mudah di pahami, acaranya seru dan meriah dengan antusias temen-temen saat games dan tanya jawab. Bermanfaat bagi kami anggota PMR Wira dapat ilmu dan teman-teman baru, besok adakan lagi ya mas mba” sambung Aji (Peserta dari SMA N 3 Surakarta).

Semoga dengan tujuan yang diharapkan bisa menjadi bermanfaat khususnya bagi para peserta PMR, dapat berbagi ilmu kepada teman-teman sebaya di PMR serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Belajarlah tanpa mengenal lelah, Siamo Tutti Fratelli. KSR UNS JAYA!. [HUMAS KSR PMI Unit UNS/Rona Azzah Zalva P]