Akhir-akhir ini di berbagai daerah di Indonesia telah mengalami musim penghujan. Menurut data BMKG (2020) prakiraan curah hujan kategori tinggi hingga sangat tinggi di Indonesia pada bulan November 2020 terdapat pada 45,86% wilayah, sedangkan bulan Desember 2020 terjadi pada 54,54% wilayah, dan pada bulan Januari 2021 terdapat 54,02% wilayah yang mengalami curah hujan tersebut. Semakin banyak wilayah di Indonesia yang mengalami curah hujan tinggi maka makin banyak pula daerah yang berpotensi banjir.

Banjir memberikan dampak buruk bagi lingkungan maupun kesehatan. Material-material seperti pasir, tanah, sampah, bahkan batang-batang tanaman akan terbawa arus saat banjir terjadi. Sehingga pemukiman cenderung kotor dan menyebabkan berbagai penyakit. Penyakit apa saja sih yang berpotensi dialami masyarakat terutama saat musim penghujan dan bagaimana langkah pencegahannya?

Menurut Kemenkes, 2014 berikut penyakit yang umumnya diderita masyarakat saat musim penghujan dan cara pencegahannya :

  1. Diare

Penyakit diare adalah diakibatkan mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Penyebab diare adalah bakteri E.Coli, Salmonella, Shigelia, dan lain-lain. Langkah pencegahannya dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, buang air besar pada tempatnya, dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan makanan.

  1. Deman Berdarah

Demam berdarah adalah penyakit yang diakibatkan virus yang dibawa nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictusini, penyakit ini sering terjadi di musim hujan karena perkembangbiakan nyamuk meningkat pada musim ini. Cara pencegahan yang dapat dilakukan dengan 3M yaitu Menguras bak mandi, Menutup tempat air, dan Memanfaatkan barang-barang bekas serta melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).

  1. Influenza

Virus influenza menyebar melalui cairan tubuh seperti ingus ataupun air liur yang dapat ditularkan melalui mulut, hidung ataupun tangan yang menyentuh benda terkontaminasi. Pencegahan dari penularan influenza diantaranya; olahraga dan istirahat yang cukup, perbanyak makan buah dan sayur, cuci tangan dan memakai masker ketika terkena flu.

Penyakit-penyakit diatas dapat terjadi terutama pada lingkungan yang kotor, sehingga kita perlu untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Selain itu imunitas tubuh juga perlu diperhatikan. Aktivitas yang membantu menjaga imun dapat berupa olahraga teratur, makan makanan sehat, istirahat yang cukup, dan diimbagi mengkonsumsi vitamin. Tetap jaga tubuhmu tuk sehat dan bugar ya!.[HUMAS KSR PMI Unit UNS/Nur Aisyah]

 

Sumber referensi :

www.bmkg.go.id/iklim/buletin-iklim.bmkg

www.kemkes.go.id/article/view/14010016/penyakit-musim-hujan-yang-harus-diwaspadai-dan-langkah-antisipasinya.html