Surakarta – Sabtu, 26 September 2020 KSR PMI Unit UNS menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tajuk “Satukan Bangsa Wujudkan Indonesia Sehat Tanpa Narkoba” secara online melalui aplikasi Zoom dan Youtube. Webinar ini dilaksanakan dengan tujuan mengedukasi masyarakat terkait pentingnya hidup sehat dan menumbuhkan semangat berkarya dan tetap produktif tanpa narkoba. Kegiatan ini bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kota Surakarta yang juga memperkenalkan salah satu kegiatan sosial UNS terhadap mahasiswa dan masyarakat.

Kegiatan ini diikuti oleh 406 peserta dari berbagai kalangan yang tersebar di seluruh Indonesia (Aceh, Kepulauan Riau, Jawa, Kalimantan, NTB, Ternate, Papua dan sebagainya). Dengan pemateri AKBP Ridho Wahyudi, S.H. (Permasalahan Narkoba di Indonesia), Dr. Ratih Puspita, dr., M. Sc. (Dampak Kesehatan dan Strategi Pencegahan Narkoba) serta Danar and The Blangkon (Produktivitas dan Kreativitas Tanpa Narkoba).

“Dengan suksesnya Webinar ini saya merasa senang kita dapat berkumpul secara virtual, belajar bersama. Saya berharap ilmu yang kita dapatkan dalam webinar ini tidak berhenti sampai di peserta saja, tetapi justru peserta webinar yang ikut menjadi agent of change menjadikan Indonesia sehat tanpa narkoba.” Ujar Ketua Pelaksana Asih Dwi Mawartini

dok Humas KSR PMI Unit UNS

Menurut AKBP Ridho Wahyudi, S.H, pemuda sebagai garda terdepan harus berani terlibat dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang tidak disinformatif untuk disampaikan kembali kepada masyarakat. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk promotif dalam mencegah daripada terpaparnya narkoba. Agar generasi muda memiliki modal untuk menjadi pemimpin bangsa.

“Saya senang bisa berbagi dengan adik-adik jangan pernah coba-coba narkoba, gunakan energi kalian untuk hal-hal yang positif untuk membangun negeri ini. Di masa pandemi ini selalu terapkan protokol kesehatan, jauhi kerumunan, pakai masker, cuci tangan jangan lupa jaga kesehatan dan bahagia selalu” ujar Dr. Ratih Puspita, dr., M. Sc.

dok Humas KSR PMI Unit UNS

“Para pemuda stop jangan mencoba, orang yang sudah kena ibarat air keruh, untuk kalian yang temannya ada yang nakal kena narkoba jangan ditinggalkan rangkul dia temani hingga dia bersih kembali. Yang pengen sembuh dari narkoba datang ke teman yang tepat, ke BNN, ke kesehatan maka akan di bantu untuk sembuh. Yakin yang kotor akan menjadi bersih, yang nakal menjadi baik, mahasiswa bebas narkoba” ujar Danar and The Blangkon

“Pesan kesannya bagus banget apalagi susunan acaranya juga bagus peserta juga nyaman mendengarkan, kegiatan ini bisa membuat generasi muda tahu tentang bahaya narkoba, apa efek untuk dirinya dan orang lain.  Kegiatan seperti ini bisa membantu pemerintah untuk mensosialisasikan tentang narkoba” ujar Rahmat (Peserta dari Bima, NTB)

dok Humas KSR PMI Unit UNS

Dari kegiatan ini diharapkan dapat mencetak kader-kader bangsa yang hebat dan paham mengenai pentingnya produktivitas guna wujudkan Indonesia sehat tanpa narkoba. Mari bersama tingkatkan kepedulian dan saling menjaga agar tidak terpapar narkoba. Narkoba No Prestasi Yes. (Humas KSR PMI Unit UNS)