KSR UNS selenggarakan edukasi online bagi masyakat umum sebagai bentuk wujud pengabdian masyarakat di era New Normal. Kegiatan tersebut diadakan dengan tujuan untuk memberikan edukasi dan menyiapkan masyarakat agar siap menghadapi era New Normal ini.

Edukasi online yang pertama yaitu Live Streaming dengan platform Instagram yang bertajuk “Pentingnya Personal Hygiene di Era New Normal”. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 17 Juni 2020 dengan peserta 170 dari berbagai daerah dan instansi. Pembicara dalam kegiatan ini adalah Kak Lamudin atau Kak Lala yakni Praktisi Perawatan Keluarga Palang Merah Indonesia.

Pada kegiatan ini Kak Lala menyampaikan seputar Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, kebiasaan baru yang harus dilakukan di masa New Normal, tips dan trik hadapi New Normal. Kegiatan ini tak hanya penyampaian materi saja, akan tetapi juga ada sesi tanya jawab dan diskusi anatar pembicara dengan semua peserta.

“Memang edukasi seperti ini yang dibutuhkan oleh masyarakat luas, bagaimana tetap siaga dan waspada dengan melakukan aktifitas di luar sana. Semoga peserta yang mengikuti edukasi hari ini juga dapat menyebar luaskan tentang topik yang kita angkat pada hari ini. Agar kita segera dapat memutus rantai persebaran dari COVID 19. Tetap semangat memberikan informasi dan edukasi bagi sesama.” ujar Kak Lala

Kegiatan edukasi online yang lain adalah Seminar online dengan tajuk “Indonesia Hebat Hadapi New Normal” diselenggarakan pada tanggal 21 Juni 2020. Dengan 125 peserta dari berbagai penjuru Indonesia (Jawa, Sumatra, Kalimantan, NTB dan Sulawesi), kegiatan ini berlagsung melalui via google meet. Masyarakat umum juga dapat mengikuti edukasi online dengan menyimak video live streaming yang ada di Channel Youtube KSR UNS.

Dok Humas KSR PMI Unit UNS

Pada seminar ini mengangkat dua topik yang terkait dengan New Normal yakni seputar kesehatan dan juga produktivitas. Fadjri Kirana Anggarani, S.Psi., MA merupakan pembicara yang yang mengusung pembahasan terkait Boost Productivity in New Normal Era. Dari sudut pandang yang berbeda, kami mengundang dr. Tonang Dwi Ardyanto, Sp.PK,Ph.D untuk menyampaikan materi tentang Healthy Life Style in New Normal Era.

“Khusus untuk KSR mari kita jadi agen penyemangat positif yang terukur, sampaikan apa adanya karena ini lo yang terbaik, untuk seluruh masyarakat mari menjadi penyaring informasi” ujar dr. Tonang, Sp.PK., Ph. D
“Kita harus mulai masuk pada fase move on, tetap dengan mengikuti standar bahwa kesehatan prioritas paling atas. Protokol kesehatan tetap dilakukan dan kita harus produktif dengan protokol kesehatan yang harus dipatuhi” ujar Fadjri Kirana Anggrani, S.Psi., MA.

Harapannya dari kegiatan yang telah diselenggarakan itu dapat membantu masyarakat diluar sana untuk siap hadapi New Normal yang tentunya memiliki banyak perubahan di berbagai bidang kehidupan. Dengan demikian kita dapat ikut mengambil peran dalam menghadapi New Normal. [Rona Azzah Zalva P/HUMAS KSR PMI Unit UNS]