Solo – (21/5) KSR PMI Unit UNS mengadakan kegiatan donor darah dengan tajuk “Donor Darah Ramadhan Peduli COVID-19”. Kegiatan ini dilaksanakan di Kampus Kentingan UNS tepatnya berada di Gedung  IKA UNS. Donor darah dimulai pukul 15.00 WIB dengan target peserta yaitu civitas akademika dan masyarakat umum sekitar UNS..

Donor darah ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan stok darah di PMI Kota Surakarta karena dalam kondisi pandemi seperti ini pasokan darah di PMI semakin menurun. Penurunan  ini di sebabkan karena banyak pendonor yang merasa takut dan khawatir apabila donor darah saat pandemi seperti ini menyebabkan adanya peluang tertular COVID-19.

Donor darah kali ini memiliki langkah awal yang cukup berbeda, yakni dengan adanya pendataan awal yang dilakukan KSR PMI Unit UNS dengan sistem online untuk para calon pendonor dengan maksud agar tidak terjadi kerumunan pada saat hari h kegiatan.

Mencuci tangan sebelum memasuki area donor (dok, Humas KSR UNS)

Menunggu panggilan dengan menerapkan physical distancing (dok, Humas KSR UNS)

Semua elemen yang terlibat baik dari KSR PMI Unit UNS, PMI Solo maupun para pendonor tetap menerapkan protokol yang sudah ditetapkan mengenai COVID-19 ini, yaitu semua wajib memakai masker, cuci tangan sebelum memasuki area donor darah dan tetap menerapkan physical distancing. Hal ini dilaksanakan dengan maksud untuk mencegah bahkan memutus rantai penularan dari COVID-19 sendiri. Dari 46 pendaftar terdapat 40 pendonor yang lolos dan dapat mendonorkan darahnya.

Pendaftaran Donor darah (dok, Humas KSR UNS)

Pengecekan data dan pembagian nomor antrian (dok, Humas KSR UNS)

Proses donor darah dalam bus Donor Darah PMI (dok, Humas KSR UNS)

“Kegiatan donor darah ini dilaksanakan dengan latar belakang menurunnya stok darah yang ada di PMI maka dari itu dengan di selenggarakannya kegiatan ini diharapkan dapat menambah stok darah yang ada di PMI. Sebenarnya masih banyak pendonor yang merasa takut untuk donor darah di tengah pandemi seperti ini jadi kita KSR UNS mengadakan kegiatan ini untuk memfasilitasi mahasiswa UNS dan masyarakat sekitar untuk bisa donor darah” ujar Aidah Fitriana (Ketua Pelaksana Donor Darah)

“Saya mengikuti donor darah yang di selenggarakan oleh KSR UNS bersama PMI Solo, menurut saya acaranya bagus maksutnya ditengah pandemi seperti yang mana orang –orang menghindari untuk bersedekah,tapi bersedekah bisa dengan cara yang lain yaitu dengan donor darah. Donor darah memang aman dan bersih tadi.” Ujar Bagas (Mahasiswa Fakultas Hukum UNS)

“Menurut saya donor darah ditengah pandemi itu sangat membantu mengamankan stok darah ya karena seperti kita tahu pandemi ini membatasi gerak kita, jadi bisa dibilang susah untuk mencari pendonor. Salah satunya dengan kegiatan yang di adakan oleh KSR UNS ini membantu sekali untuk mengamankan stok darah, apalagi ini bulan puasa di tengah pandemi. Event ini juga memfasilitasi untuk para pendonor bisa melaksanakan donor darah sesuai waktunya dan pasien yang membutuhkan dapat menerima sesuai kebutuhan mereka. Donor darah saat berpuasa atau ditengah pandemi seperti ini aman kecuali dalam kondisi tertentu seperti tidak sahur sebelumnya atau tidak fit kita menyarankan untuk menunda dulu.” Ujar dr. Yassin Oki Purbayanto

Dari kegiatan ini diharapkan dapat membantu PMI dalam memenuhi stok darah yang mulai menurun, serta dapat mengedukasi dan mensosialisasikan kepada para pendonor bahwa donor darah di saat puasa dan ditengah pandemi seperti ini aman dengan langkah yang sesuai dengan prosedur. Selagi sehat yuk donorkan darahmu untuk saudaramu, salam kemanusiaan. (Humas KSR PMI Unit UNS/Rona Azzah Zalva Prastanti)