SOLO – Minggu (12/4) telah di laksanakan pembagian donasi berupa handkit (masker, hand sanitizer, dan leaflet) kepada masyarakat umum (tukang becak, ojek online, pedagang asongan dan orang rentan lainnya) dan warga Kaplingan RW 20 yang merupakan Desa Binaan KSR PMI Unit UNS.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Open Donasi “Gerak Nyata Bantu Indonesia” yang dilakukan oleh KSR PMI Unit UNS pada tanggal 1 – 9 April 2020. Donasi terkumpul sejumlah uang Rp. 7.277.000,- , 432 masker dan 3.050 mililiter hand sanitizer. Seluruh donasi yang terkumpul akan diberikan kepada sasaran dalam bentuk handkit yang isinya terdiri dari masker kain, hand sanitizer dan leaflet yang berisi tentang edukasi seputar COVID-19.

Terkumpul 500 kantong handkit yang akan disalurkan ke 10 titik pembagian. Kegiatan ini dilaksanakan oleh anggota KSR PMI Unit UNS yang telah dilengkapi dengan APD (sarung tangan lateks dan masker) serta tetap senantiasa menerapkan physical distancing.

Titik 1 Pasar Ledoksari, Pasar Gede dan Balaikota (dok, Humas KSR UNS)

Titik 2 Belakang Kampus UNS Kentingan (dok, Humas KSR UNS)

Titik 3 Pasar Mojosongo (dok, Humas KSR UNS)

Titik 4 PGS, Beteng, Pasar Kliwon dan Pasar Klewer (dok, Humas KSR UNS)

Titik 5 RT 1 RW 20 Kaplingan, Jebres (dok, Humas KSR UNS)

Titik 6 RT 2 RW 20 Kaplingan, Jebres (dok, Humas KSR UNS)

Titik 7 RT 3 RW 20 Kaplingan, Jebres (dok, Humas KSR UNS)

Titik 8 RT 4 RW 20 Kaplingan, Jebres (dok, Humas KSR UNS)

Titik 9 RT 5 RW 20 Kaplingan, Jebres (dok, Humas KSR UNS)

Titik 10 RT 6 RW 20 Kaplingan, Jebres (dok, Humas KSR UNS)

“Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah membantu masyarakat atau pekerja informal (sasaran donasi ) yang  membutuhkan masker dan hand sanitizer karena mereka kelompok riskan terserang Covid-19, serta menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menggunakan masker dan mencuci tangan sesering mungkin untuk upaya pencegahan Covid-19” ujar Asih (Ketua Pembagian Donasi)

“Terimakasih KSR UNS, sangat bermanfaat karena ini membantu saya untuk bekerja diluar dan untuk menjaga kesehatan ” ujar Marwan (65 tahun, Tukang Becak)

Salah satu Anggota KSR PMI Unit UNS Qory Afdhila, menyampaikan bahwa respon masyarakat sangat positif, mereka sangat berterimakasih atas bantuan yang telah kita diberikan apalagi saat ada virus Covid-19, dan merasa bahwa barang-barang tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dengan adanya edukasi pencegahan Covid-19.

Diharapkan dengan pemberian handkit ini masyarakat tahu dan paham bagaimana cara pencegahan sedini mungkin terkait dengan Covid-19. Dan masyarakat dapat menerapkan tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar serta mengetahui waktu yang tepat untuk menggunakan hand sanitizer. (HUMAS KSR PMI Unit UNS)