Solo – Minggu (8/3) dilaksanakan aksi Kampanye Cuci Tangan dalam Upaya Preventif Penyebaran Corona di CFD Jalan Slamet Riyadi Solo oleh PMI Solo. Kegiatan yang diselenggarakan oleh PMI Solo ini juga mengundang perwakilan KSR se-Solo untuk ikut berpartisipasi dalam aksi kampanye tersebut.

Terdapat serangkaian acara dalam kampanye ini, yang pertama yaitu Talk Show bersama dr. Arina Hidayati, S.Farm.,APT dan dr. Agni Romadhona. Talk Show tersebut membahas tentang apa saja media penularan dari virus corona dan bagaimana kita menyikapi hal tersebut serta upaya pencegahan yang dapat kita lakukan mengenai virus corona.

Talk Show bersama dr. Arina Hidayati, S.Farm.,APT dan dr. Agni Romadhona

Acara selanjutnya yaitu flashmob Cuci Tangan bersama teman-teman dari KSR dan warga solo. Dilanjutkan dengan aksi cuci tangan yang baik dan benar bersama-sama.

 

        Flashmob Cuci Tangan

Aksi Cuci Tangan Bersama

“Manfaat dengan adanya kampanye cuci tangan ini kita dapat mempromosikan dan memberi pengetahuan kepada masyarakat tantang wabah corona virus dan upaya pencegahannya bagaimana yaitu dengan salah satunya cuci tangan” ujar Hani (Komandan KSR PMI Unit Akupuntur Poltekkes)

Bagi warga solo yang mengikuti aksi cuci tangan akan mendapat jamu dan hand sanitizer yang sudah disediakan oleh PMI Solo. Pembagian jamu dan hand sanitizer ini bertujuan untuk memberitahu serta mengingatkan warga solo tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh.

Pembagian Jamu dan Hand Sanitizer

“Ya jadi kegiatan PMI Surakarta ini, kita ada tiga kegiatan yaitu pembagian jamu, pembagian hand sanitizer, serta cuci tangan bersama masyarakat Surakarta, cuci tangan yang baik dan benar menurut kesehatan. Jadi diharapkan kegiatan ini bisa menjadikan awal hidup sehat yang dapat menncegah virus yang ada atau yang sedang berkembang. Dan dengan hidup sehat ini kita kebal terhadap virus yang masuk ke tubuh kita. Sebenarnya masyarakat Solo sudah peduli, ini upaya kita untuk mengingatkan untuk lebih peduli lagi” ujar Dr. Agus Setyo Utomo, SE, M.Si, Ak. CA, A.CPA (Kepala Markas PMI Surakarta)

Dari kegiatan ini diharapkan bahwa warga Solo dapat lebih peduli dan berhati-hati mengenai kebersihan dan kesehatan tubuh agar tidak terkena virus yang sedang berkembang. (HUMAS KSR PMI Unit UNS/Rona Azzah Zalva Prastanti)