KSR PMI Unit UNS sebagai organisasi yang bergerak di bidang kepalangmerahan dan kemanusiaan, sudah sewajibnya untuk juga turun secara langsung di masyarakat. Upaya ini diwadahi dalam berbagai kegiatan pengabdian masyarakat yang konsisten dilakukan sejak lama. Tahun demi tahun, KSR PMI Unit UNS terus berproses dan melakukan perkembangan salah satunya dengan mewujudkan Bina Desa KSR PMI Unit UNS. Program yang dibuat sejak tahun 2018 ini masih terus dibangun hingga sekarang dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Bertempat di Kaplingan RW 20, Jebres, Surakarta, pengabdian ini berfokus untuk menciptakan kawasan Kaplingan menjadi Desa Ramah Lansia. Kegiatan yang dibuat tentu memperhatikan berbagai aspek ketercapaian program bina desa yang meliputi lima kapita yakni : Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alam, Finansial, Sosial, dan Fisik. Penasaran dengan berbagai Program Bina Desa KSR PMI Unit UNS? Check this out!

Pelatihan Perawatan Keluarga dan Pertolongan Pertama bagi Warga

Pelatihan Perawatan Keluarga dan Pertolongan Pertama ini dilaksanakan untuk menunjang wawasan dan pengetahuan warga, khususnya dalam merawat para lansia di rumah. Program ini secara rutin dilaksanakan dan diisi oleh pemateri yang berkompeten dari kalangan relawan KSR PMI Unit UNS. Materi-materi yang disampaikan pada pelatihan ini diantaranya merawat lansia di rumah, mengganti linen, PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), cara menggunakan alat tensi, dan masih banyak lagi. Dari berbagai pelatihan yang diberikan, warga Kaplingan diberi piagam sebagai bukti telah mengikuti pelatihan. Selain itu, pelatihan ini juga telah berhasil mencetak kader-kader cek tekanan darah dari kalangan warga. Sehingga para warga bisa secara mandiri melakukan cek kesehatan para warga lain di posyandu dan tentu meneruskan ilmu yang didapat.

Pelatihan Perawatan Keluarga di Kaplingan RW 20, Jebres, Surakarta (dok. Humas KSR UNS)

Posyandu Lansia

Posyandu Lansia merupakan program yang rutin dilakukan untuk memfasilitasi para lansia untuk mudah dalam memantau kondisi kesehatannya. Selain itu, pada Program Posyandu Lansia ini juga diadakan pengecekan tekanan darah dan konsultasi ringan perihal kesehatan. Program ini juga sebagai wadah warga yang telah terkaderisasi melakukan praktik dari ilmu yang telah disampaikan. Salah satunya adalah kader cek tensi oleh warga yang telah terdidik dan terlatih melalui pelatihan. Harapannya, dapat mempermudah para warga untuk menjalankan posyandu secara rutin dan juga mandiri.

Pengecekan Kesehatan Berkala saat Posyandu Lansia (dok. Humas KSR UNS)

Senam Sendi dan Tulang

Senam Sendi dan Tulang merupakan salah satu kegiatan Bina Desa KSR PMI Unit UNS yang rutin diadakan sebulan sekali di Halaman Masjid Nurul Huda, Kaplingan, Jebres, Surakarta. Kegiatan ini memiliki fokus untuk mewujudkan lansia yang bugar dan sehat dengan berolahraga. Melalui kegiatan senam ini, diharapkan para lansia semakin aktif berinteraksi dan juga dapat mengaplikasikan gerakan saat senam untuk dipraktikan saat berolahraga secara mandiri di rumah masing-masing.

Senam Sendi dan Tulang rutin dilakukan Kaplingan RW 20, Jebres (dok. Humas KSR UNS)

Cek Gula Darah Lansia

Pengecekan gula darah merupakan kegiatan rutin yang biasa diadakan setelah Senam Sendi dan Tulang. Tujuan dari program ini untuk membantu lansia agar dapat memantau kesehatan, salah satunya melalui pengecekan gula darah. Para lansia juga diharap bisa mengetahui kondisi kesehatan secara berkala dan dapat mewaspadai gejala gangguan kesehatan melalui cek gula darah.

Bank Sampah Nurul Azhar, Program ‘SI EMPEDU’

Sistem Pengelolaan Sampah Terpadu atau ‘SI EMPEDU’ merupakan program Bina Desa KSR UNS sebagai wadah pengelolaan sampah, khususnya plastik dan kardus bagi masyarakat. Program ini terpusat pada Bank Sampah Nurul Azhar yang ada di Kaplingan RW 20, Jebres, Surakarta. Tujuan dari program ini tentu untuk membina masyarakat agar dapat mengelola dan memilah sampah, sehingga bisa dimanfaatkan kembali. Salah satunya menjadi barang bernilai jual, seperti kerjainan yang dibuat dari sampah plastik dan kardus. Tentunya secara bertahap hal ini dapat mengatasi pengelolaan sampah dan dapat mendatangkan keuntungan bagi masyarakat.

Selain itu, produk kerajinan karya warga Kaplingan telah mengikuti pameran Gerakan Nasional “Pilah Sampah dari Rumah” yang diadakan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta bekerja sama dengan Pegadaian dalam kegiatan “Bakti Bagi Pahlawan Sampah” 2019. Pada kegiatan tersebut, Bank Sampah Nurul Azhar berkesempatan ikut pameran produk kerajinan olahan dan juga fashion show busana kerajinan olahan dari produk bank sampah.

Pameran Kreasi Bank Sampah Nurul Azhar (dok. Humas KSR UNS)
Penampilan Hasil Karya Bank Sampah Nurul Azhar (dok,. KSR UNS)

Hingga saat ini, Program Bina Desa KSR PMI Unit UNS terus konsisten dilakukan dan tak lepas dari peran aktif masyarakat yang senantiasa mendukung semua kegiatan untuk mewujudkan Desa Ramah Lansia.  KSR PMI Unit UNS pun terus melakukan perbaikan dan berproses menjadi lebih baik sehingga dapat lebih optimal dalam melakukan berbagai program kerja Bina Desa KSR PMI Unit UNS. (Humas KSR PMI Unit UNS/ Andina Ayu Kusumastuty)