Sarapan atau makan pagi merupakan waktu makan yang penting dan dianjurkan untuk dipenuhi, karena merupakan sumber energi untuk mengawali hari dalam melakukan aktivitas seharian. Namun faktanya sarapan pagi masih sering dilewatkan oleh kebanyakan orang.

Mengisi perut dengan melakukan sarapan pagi bukan hanya untuk membuat perut Anda kenyang. Bebagai manfaat dapat dicapai ketika Anda menyempatkan waktu untuk sarapan.

Manfaat utama dari sarapan pagi yaitu menyediakan sumber energi untuk tubuh dan otak Anda setelah sepanjang malam tidak makan dan minum. Dengan melakukan sarapan kita dapat beraktivias dengan baik, otak bekerja lebih optiimal, lebih berkonsentrasi dan tidak cepat mengantuk dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Sarapan pagi juga melatih diri kita untuk disiplin, karena kita menjadi bangun lebih awal untuk melaksanakan sarapan.

Sarapan pagi termasuk dalam Pedoman Umum Gizi Seimbang dalam pesan kedelapan yaitu biasakan makan pagi atau sarapan yang perlu terus disosialisaikan dan ditingkatkan. Makan pagi dengan makanan yang beraneka ragam akan memenuhi kebutuhan gizi untuk mempertahankan kesegaran tubuh dan meningkatkan produktifitas dalam bekerja

Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, melewatkan sarapan demi mengurangi kalori bukanlah langkah bijak. Sebaliknya, sarapan justru membantu Anda menurunkan berat badan.Saat Anda tidak sarapan, tubuh Anda justru mnginginkan camilan tinggi gula dan lemak saat menjelang siang, yang menyebabkan kelebihan kalori dan tersimpan menjadi lemak.

Ketika Anda melewatkan sarapan pagi, Anda akan mengalami kekosongan lambung yang menyebabkan kadar glukosa turun. Gula  darah merupakan sumber energi utama bagi otak, jika kadar glukosa menurun maka dampak negatifnya adalah ketidak seimbangan sistem saraf pusat yang diikuti dengan rasa pusing, badan gemetar atau rasa lelah. Anda akan sulit berkonsentrasi dan sulit menerima informasi dengan baik.

Setelah mengetahui pentingya sarapan pagi, hendaknya Sobat KSR UNS dapat mulai membiasakan diri untuk melaksanakan sarapan pagi setiap hari ya ^_^ (Humas KSR PMI Unit UNS/ Lela Hasna Faizzati)

Sumber: http://www.p2ptm.kemkes.go.id