Surakarta- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta telah mengadakan Temu Donor 2019 di Gedung Perkumpulan Masyarakat Surakarta (30/7). Dalam acara ini PMI Kota Surakarta memberikan pengakuan dan penghargaan kepada pihak serta instansi yang terlibat aktif dalam kegiatan donor darah sukarela.

Penghargaan tersebut berupa cincin kepada pendonor yang telah melakukan aksi donor lebih dari 100 kali, sedangkan untuk instansi yang berprestasi mendapatkan sertifikat dan piala penghargaan. Sebanyak 18 orang mendapatkan cincin dan 14 instansi mendapatkan penghargaan, salah satunya KSR PMI Unit UNS sebagai Instansi Berprestasi Kelompok Perguruan Tinggi.

Penghargaan diserahkan secara simbolis oleh Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah, Ketua PMI Kota Surakarta dan Walikota Surakarta.

Dengan mengusung tema “Proud To Be a Blood Donor”, acara ini mengajak berbagai pihak dan instansi untuk terus melakukan donor darah sukarela.

Menurut Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah, Bapak Imam Triyanto, “Pendonor sukarela adalah pahlawan kemanusiaan secara plural, mereka tidak tahu darahnya akan diberikan kepada siapa, kepada suku, ras, atau agama apa. Mereka tetap mendonorkan darahnya kepada yang membutuhkan atas nama kemanusiaan.”

Lalu pada kesempatan kali ini PMI Kota Surakarta juga memperkenalkan aplikasi yang memudahkan para pendonor untuk melakukan administrasi donor dan dapat mengingatkan para pendonor apabila sudah waktunya melakukan donor. Aplikasi ini hanya dapat digunnakan di PMI Kota Surakarta dan direncanakan release pada tanggal 17 Agustus medatang.

Menurut Dr. Agus Setyo Utomo, selaku Ketua Acara, “Diharapkannya masyarakat dapat menjadikan donor darah sebagai lifestyle, sehingga donor darah tidak terlihat menakutkan lagi. Acara Temu Donor ini saya harapkan juga dapat diadakan lagi tahun depan, dengan acara yang lebih meriah dan berbasis digital sesuai dengan era sekarang.”