Buah merupakan bahan pangan yang memberikan beribu manfaat bagi tubuh kita. Salah satu fungi utamanya yakni untuk mendukung kebutuhan vitamin. Dalam tubuh manusia, vitamin berfungi sebgai zat pengatur pemeliharaan dan pertumbuhan.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, Samuel Oetoro, mengatakan bahwa berbagai sumber vitamin dan mineral bisa diperoleh dari konsumsi sayur dan buah yang dapat berperan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu juga menjaga kesehatan, mencegah berbagai bernyakit degenerative dan berbagai manfaat yang lain.”

Berdasarkan rekomendasi dari Food Agriculture Organization (FAO), konsumsi buah harus mencapai 73 Kg per kapita per tahun dan standar kecukupan untuk sehat sebesar 91,25 Kg per kapita per tahun. Namun sayangnya tingkat konsumsi buah dan sayur penduduk ndonesia masih berada di bawah rekomendasi FAO tersebut.

Menurut data Litbang Departemen Pertanian angka konsumi buah penduduk Indonesa masih berada di angka 40,35 Kg perkapita pertahun. Selain itu, berdsarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013  proporsi rata-rata konsumsi kurang buah mencapai 93,5%.

Nah, ole karena itu penting sekali untuk mengonsumi buah, berikut mari simak manfaat vitamin bagi tubuh dan buah yang tinggi akan vitamin.

a. Vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk membentuk kolagen, sintesis hormon, sistem kekebalan tubuh dan antioksidan. Jenis vitamin ini juga digunakan untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit seperti sariawan hingga mencegah pertumbuhan sel kanker.  Kiwi merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari buah jeruk. Satu buah jeruk mengandung 71 mg vitamin C dan Kiwi memiliki kandungan Vitamin C mencapai 92,7 mg per buahnya.

b. Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, merawat kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas. Selain itu, vitamin A juga berfungsi untuk mencegah munculnya penyakit – penyakit serius seperti kanker dan paru -paru. Buah melon merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, yakni 3382 IU (satuan untuk mengukur vitamin). Selanjutnya buah dengan kandungan vitamin A  tinggi ke 2 yaitu Aprikot yakni 1926 IU dan pepaya dengan kandundungan vitamin A sebesar 950 IU.

c. Vitamin D

Vitamin D berfungi untuk menjaga level kalsium dalam darah, mengatur kadar insulin, membantu mengelola diabetes dan menjaga kesehatan tulang serta gigi. Salah satu sumber utama vitamin D adalah sinar matahari. Anda dapat memperolehnya dengan berjemur, tetapi hanya boleh dilakukan beberapa menit saja karena dapat memicu resiko kanker. Selain berjemur anda dapat mengonumsi 8 ons jus jeruk. Minuman tersebut mengandung 100 IU vitamin D.

d. Vitamin E

Vitamin E memiliki fungsi antioksidan, yaitu menjaga kerusakan sel akibat radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menyeimbangkan vitamin K yang berfungsi untuk membekukan darah. Alpukat merupakan buah yang mengandung Vitamin E paling tinggi. Setengah potong buah alpukat setara dengan 2 mg vitamin E. Selain alpukat, buah yang memiliki kandungan Vitamin E yang tinggi adalah Kiwi yakni, 1 mg setiap buahnya.

e. Vitamin K

Vitamin K berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan pembekuan darah.  Buah yang tinggi akan kandungan vitamin K yakni, Plum. Plum menyediakan sekitar 5% kadar RDA vitamin K. Selain itu dalam secangkir blueberry terdapat 35 mg vitamin K.

Nahh, itu tadi berbagai jenis dan fungsi vitamin. Jangan lupa mengonsumsi buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin bagi tubuh kita ya Sobat KSR UNS 😊(Humas KSR PMI Unit UNS/ Amelia Nurhuda Kasanah)