Bahaya merokok sendiri telah secara terus-menerus diserukan baik oleh pemerintah dan banyak elemen lain di masyarakat. Peringatan bahaya merokokĀ  sekarang juga semakin jelas dengan adanya gambar efek samping merokok dalam kemasan rokok. Namun tetap saja banyak orang yang tetap menghisap rokok.

Dalam rangka memperingati hari tanpa tembakau sedunia yang jatuh pada 31 Mei ini, kita mau bagi tips nih agar berhenti merokok. Yuk kita simak!

  1. Motivasi

Anda harus dapat membulatkan tekad dan tujuan untuk berhenti merokok, mulailah untuk menentukan alasan yang lebih spesifik dan kuat.

Buat alasan kuat yang telah Anda tentukan tersebut sebagai motivasi agar berhenti merokok.

  1. Berhenti Merokok Seketika

Atau Anda dapat melakukan pengurangan jumlah rokok yang dihisap berhari secara bertahap. Dengan melakukan hal tersebut pikiran dan tubuh Anda akan mulai terbiasa terhindar dari kecanduan nikotin sedikit demi sedikit.

  1. Kenali Waktu dan Situasi

Bagi para perokok akan ada waktu kebiasaan dimana merokok sering dilakukan. Misalnya sepertiĀ  sesudah makan , bersama teman-teman dan lainnya. Coba alihkan kebiasaan merokok di tempat tersebut dengan aktivitas lain, misalnya mengunyah permen karet sebagai pengganti.

  1. Tahan Keinginan Anda dengan Menunda

Menahan diri adalah salah satu kunci dimana Anda akan dapat mengendalikan diri dari keinginan merokok. Caranya cukup mudah, setiap kali Anda merasakan dorongan kuat untuk merokok, tundalah hal tersebut selama 5 menit, dan tingkatkan 5 menit penundaan setiap harinya. Dengan cara ini dorongan tubuh untuk merokok semakin lama dapat menghilang secara perlahan.

  1. Berolahraga secara Teratur

Olahraga secara teratur seperti jogging dan jalan kaki akan membantu Anda mendapatkan mood yang lebih baik, tubuh lebih fresh, dan terhindar dari stress. Sehingga Anda tidak perlu merokok sebagai alasan untuk menghilangkan stress.

  1. Mintalah Dukungan dari Keluarga dan Kerabat

Mintalah dukungan dari keluarga Anda dengan cara meminta mereka untuk selalu mengingatkan Anda untuk tidak merokok. Dukungan dari teman dan kerabat dekat juga akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan Anda agar berhenti merokok.

  1. Konsultasikan dengan Dokter

Anda dapat mengkonsultasikan dengan Dokter untuk membantu menghadapi ketergantungan Anda pada nikotin.

Bagi Anda yang masih merokok sampai sekarang dapat mulai melakukan tips-tips di atas agar dapat berhenti merokok secara perlahan. Rokok bukan hanya membahayakan diri Anda, namun juga orang-orang di sekitar Anda yang menjadi perokok pasif.(Humas KSR PMI Unit UNS/ Lela Hasna)

Sumber = Instagram.com/p2ptmkemenkesri