Pada hari ini tepatnya tanggal 8 Mei 2019 merupakan perayaan hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah sedunia. Tanggal ini dipilih sebagai peringatan lahirnya Henry Dunant, seorang pria bekebangsaan Swiss yang memunculkan konsep Kepalangmerahan.

Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah merupakan kumpulan organisasi yang bergerak diĀ  bidang kemanusiaan, yang terdiri atas tiga komponen yaitu:

  1. Komite Palang Merah Internasional / International Committee of the Red Cross (ICRC)
  2. Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah/ International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC)
  3. Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Nasional

Peringatan hari Palang Merah dan Bulan Sabit Sedunia merupakan pengakuan atas kontribusi dan pencapaian luar biasa jutaan relawan dan staf di seluruh dunia yang setiap hari memelihara komitmen pada kemanusiaan.

Pada peringatan kali ini mengangkat tema tentang Cinta (Love), yaitu sebuah ungkapan rasa cinta publik masyarakat pada Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Ungkapan ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada para relawan dan staf Palang Merah atas kinerja dalam bidang kemanusiaan yang telah dilakukan.

KSR PMI Unit UNS sendiri merupakan salah satu bentuk kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang kepalangmerahan dan kemanusiaan. KSR PMI Unit UNS berada di bawah naungan Palang Merah Indonesia khususnya cabang kota Surakara. (Humas KSR PMI Unit UNS/Lela Hasna)