PMR CORNER “Pentingnya mengenal bencana”

PENTINGNYA MENGENAL BENCANA

 

Ada sebuah wilayah yang sangat jarang sekali mengalami bencana. Suatu hari wilayah terkena bencana banjir. Banjir itu terjadi karena hujan deras yang melanda wilayah tersebut lebih selama kurang lebih 2 jam lamanya. Namun, hujan selama 2 jam tersebut membuat wilayah tersebut terkena banjir.

Karena penduduk tersebut tidak pernah mengalami bencana apa pun sebelumnya, penduduk tampak sekali belum siap menghadapi banjir yang terjadi. Walau pun sebenarnya itu hanya banjir kecil. Tampak sekali secara mental para penduduk mengalami kepanikan yang berlebihan, kebingungan, kehilangan dan penyesalan. Secara fisik banyak penduduk yang terpaksa harus kehilangan benda-benda berharga mereka, surat-surat penting, dan timbul penyakit.

Salah satu penyebab banjir bukan hanya hujan deras. Tetapi juga disebabkan karena menumpuknya sampah di wilayah tersebut. Walau pun wilayah tersebut tidak pernah dilanda bencana sebelumnya, tetap seharusnya para penduduk bersiap untuk menghadapi segala bencana yang akan datang.

Khusus dalam penangan bencana banjir sebaiknya sebelum banjir itu melanda kita sudah mengetahui denah lokasi yang aman jika terjadi banjir, seperti mengetahui tempat tinggi dan luas yang akan digunakan jika banjir terjadi. Kita juga perlu meletakkan surat-surat berharga seperti sertifikat rumah dan kartu keluarga ditempat yang aman (tempat yang tinggi) dan tertutup rapat. Memiliki alat-alat kesehatan dan perlengkapan yang memadai. Alat-alat kesehatan minimum seperti obat-obatan luar dan dalam. Perlengkapan yang dibutuhkan seperti senter, alat-alat kebersihan, dsb.

Saat terjadi banjir, perlu untuk mendahulukan keselamatan nyawa dari pada harta benda. Karena harta benda itu bisa dibeli namun nyawa tidak ada yang menjual. Seperti uraian di atas, kita menyelamatkan diri dengan mencari tempat yang tinggi dan kokoh. Tidak lupa kita harus mematikan sumber listrik agar tidak terjadi kecelakaan yang lain.

Setelah banjir sudah surut, rumah harus segera dibersihkan, namun tidak semua anggota penduduk boleh langsung masuk ke dalam rumah. Biarkan anak-anak kecil tetap di posko yang ada. Orang dewasa akan memeriksa terlebih dahulu lokasi banjir dan kemudian membersihkannya dengan disinfektan agar tidak ada kuman-kuman yang tertinggal di dalam rumah. Setelah itu baru para anak-anak boleh membantu membersihkan lokasi kejadian.

Penangan banjir perlu diketahui semua orang. Tidak hanya itu tetapi juga penangan bencana yang lainnya. Indonesia merupakan negara yang rawan terkena bencana, seperti banjir, gunung meletus, gempa, tsunami, tanah longsor, angin topan dan kebakaran hutan. Sehingga kita juga perlu mengetahui penangan bencana yang lainnya, baik kita sering mengalami atau pun tidak. Karena siaga selalu lebih baik agar segala kerugian lebih terminimalisir.. Mari menjadi siswa yang selalu siaga.

 

Oleh: Dian Saptorini Putri Indah Sari

PMR SMP N 10 SurakartaGambar

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*