PMR CORNER “Tahukah siapa siswa SMP itu??”

 

Tahukah siapa siswa SMP itu??

Siswa SMP merupakan anak yang berusia 12-15 tahun. Jika di dalam buku psikologi siswa SMP termasuk ke dalam tingkatan remaja awal. Pada masa ini terjadi peralihan dari masa kanak-kanak ke masa remaja dan sedang  mengalami labilnya emosi. Karena siswa SMP sudah merasa mandiri namun orang tua belum merasa demikian. Sehingga terjadi kesenjangan perilaku orang tua dengan anak-anak. Selain itu perubahan perilaku  anak SMP  dapat terlihat pada saat penyesuaian diri pada lingkungan. Biasanya masa-masa SMP diisi dengan  pergaulan yang menjerumus ke banyak hal, baik positif maupun negatif. Hal positif kegiatan anak SMP dapat berupa aktif berkegiatan sosial dan mendukung adanya kegiatan yang  menyangkut dengan KBM (kegiatan belajar mengajar).

Hal negatif yang marak di kalangan anak SMP misalnya pembentukan kelompok anak-anak SMP atau sering di sebut  geng. Geng anak SMP sering melakukan diskriminasi pada anak SMP yang kuper (kurang pergaulan). Hal negatif kedua adalah menjadi anak yang butuh perhatian khusus dari orang tua atau guru dengan cara melakukan  tindakan buruk, salah satunya bolos sekolah, tawuran antar kelas, banyak menggunakan dunia maya untuk  hal hal yang tidak penting atau malah hal-hal yang negatif menyangkut tentang kasmaran anak-anak SMP.

Nah,dengan mengetahui permasalahan kalangan anak SMP, banyak  solusi yang dapat kamu lakukan untuk menghindari hal negatif tsb. Misalnya mengikuti  ekstrakurikuler  yang berhubungan dengan bakat kamu. Menggunakan waktu luang untuk mencari informasi tentang hal hal baru yang menyangkut tentang pendidikan dan iptek. Masa pada anak SMP adalah masa kita untuk bergaul dengan sebaya kita. Kita merasa lebih nyaman untuk berkumpul dengan sebaya kita. Maka, di usia ini perlu untuk lebih selektif dalam memilih teman sebaya.

Tahu kah, bahwa mengikuti kegiatan sesuai bakat dan minat kita mampu membantu kita di masa perkembangan kita yang selanjutnya. Seperti ketika kita sudah dituntut banyak untuk menentukan keputusan yang menyangkut hidup kita.

Untuk mengatasi hal yang satu ini harus khusus, yaitu KASMARAN. Apa sich sebenarnya kasmaran? Kasmaran bisa dikatakan sikap untuk mencari perhatian seseorang karena kurangnya perhatian teman-temannya. Kamu sebenarnya bisa mencari perhatian teman-teman dengan hal-hal positif. Misalnya berusaha   berprestasi  dalam segala  bidang kurikulum pelajaran, berperilaku ramah agar teman-temanmu nyaman berteman .tidak melakukan diskriminasi terhadap teman sebaya.

Nah, itulah yang perlu kita pelajari dalam menghadapi pergaulan sehari hari di kalangan anak SMP. Mari kita mulai mengenal diri kita sendiri agar bisa menyelesaikan masalah kita dengan lebih baik. Selamat mencoba.

 

By: Rahmawati Dewi

PMR SMP NEGERI 10 SURAKARTA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*