Volunteer Week and Youth Volunteer Competition 6 dengan Sejuta Pengalaman

Dalam rangka memperingati hari relawan, KSR PMI Unit UNS baru saja menyelenggarakan lomba PMR sepulau Jawa pada tangal 22-24 Desember 2017.

Lomba yang bernama Volunteer Week and Youth Volunteer Competition 6 atau biasa disebut dengan VW 6 ini dilaksanakan di kampus UNS Kentingan.

VW 6 diikuti sebanyak 64 kontingen dari berbagai wilayah di Jawa pada tingkat wira maupun madya dengam mengusung tema “Bersatu dalam Langkah, Merajut Jiwa Aktif, Kreatif, Sportif sebagai Cermin Relawan Solid”.

Suasana Opening Ceremony Volunteer Week and Youth Volunteer Competition 6

Rangkaian kegiatan utama yang dilaksanakan antara lain  lomba Pertolongan Pertama, lomba Perawatan Keluarga, lomba Travelling (Kepalangmerahan, Donor Darah, dan Ayo Siaga Bencana), serta lomba Pidato untuk PMR madya.

Sedangkan untuk PMR wira meliputi lomba Simulasi Bencana (Skenario Pertolongan Pertama dan Perawatan Keluarga), dan Lomba Penunjang (lomba Cerdas Cermat, dan lomba Orienteering.)

Penyerahan piala kepada pemenang lomba estafet kategori wira oleh Ristika Permata

Penyerahan piala kepada pemenang lomba penunjang madya oleh Akh Kamali Hidayat

Dimulai dari hari pertama yaitu opening ceremony serta Lomba Cerdas Cermat. Dilanjutkan pada hari kedua yang disibukkan dengan serangkaian lomba dan pentas seni yang dilaksanakan pada malam hari.

VW ditutup dengan serangkaian kegiatan pada hari Minggu (24/12) yaitu senam sehat, karya wisata ke Museum Keris dan Pasar Klewer, bakti sosial ke Griya Bahagia dan Griya Tempat Rehabilitasi Gangguan Jiwa PMI, serta futsal persahabatan hingga acara terakhir yaitu diumumkannya pemenang disetiap lomba yang diselenggarakan.

Kali ini panitia mengusung lomba baru yaitu Simulasi Bencana (Skenario PP dan PK) sebagai inovasi dari VW sebelumnya dan untuk membekali peserta dengan wawasan serta pengalaman yang bisa diaplikasikan langsung saat menghadapi bencana.

Peserta lomba sedang melaksanakan lomba Simulasi Bencana (Skenario PP dan PK)

Selain itu, tahun ini PMR wira memiliki peserta terbanyak dibanding VW sebelumnya, yaitu  sejumlah 52 kontingen .

Dengan total peserta sebanyak 472 peserta, 364 peserta dari kategori wira dan 108 peserta dari kategori Madya.

“Bagus lombanya, kita jadi bisa ngebayangin kalau saat menghadapi suatu bencana itu penanganannya seperti apa. Lalu kerjasama tim juga dapat dibentuk dari lomba simulasi bencana ini.” Ucap Anisa Khusnul, peserta lomba VW 6 dari kontingen SMA N 7 Surakarta.

“Alhamdulillah VW6 sudah terlaksana dengan luar biasa. Walaupun sempat tidur selama 2 tahun namun tetap semuanya dapat terlaksana dengan sangat baik. Terimakasih untuk para peserta yang telah ikut meramaikan VW6 semoga semua ilmu yang didapat dapat bermanfaat dan diterapkan di kehidupan kerelawanan. Ingat bahwa VW bukan hanya sekedar kompetisi, namun semangat untuk belajar menjadi relawan yang lebih baik, tangguh, dan profesional. Saya mewakili panitia mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya atas segala kesalahan dan kekurangan kami. Semua masukan kami terima dengan baik dan akan menjadi pelajaran kami untuk VW selanjutnya.” Tutur Rizky Aji Prayogo selaku Steering Committee Volunteer Week and Youth Competion 6.

Diharapkan dengan adanya acara Volunteer Week  and Youth Volunteer Competition 6 ini dapat meningkatkan kualitas relawan muda serta menjaga sillaturahim antar PMR wira maupun madya di Indonesia.

 

 

 

P.S.

Bagi yang ingin melihat dokumentasi selama Volunteer Week and Youth Competition 6 dapat mengakses link di bawah ini:

https://drive.google.com/drive/mobile/folders/1W5A6hqg8dVRPEqnSXSCWXB9j1Nl5N0pU?usp=sharing

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.