Sekilas Tentang VW

Volunteer Week and Youth Volunteer Competition,

Kompetisi Bergengsi Relawan Muda

Volunteer Week and Youth Volunteer Competition (VW) merupakan kompetisi PMR Wira (SMA/SMK/MA) dan PMR Madya (SMP/MTs) dari berbagai daerah di Pulau Jawa. Kegiatan ini diadakan setiap satu tahun sekali yang diselenggarakan oleh KSR PMI Unit UNS guna memperingati Hari Relawan yang jatuh pada tanggal 26 Desember. Materi yang dilombakan dalam VW ini adalah Trilomba PMR yaitu Pertolongan Pertama (PP); Perawatan Kedaruratan di Rumah (PK); dan Pendidikan Remaja Sebaya (PRS) serta Lomba Penunjang yang tiap tahunnya selalu baru.

Tujuan utama diadakannnya VW ini adalah sebagai ajang evaluasi dan edukasi seputar materi kepalangmerahan. Selain itu, VW ini juga diharapkan mampu memupuk rasa persaudaraan antar sesama relawan serta memotivasi para anggota PMR untuk lebih giat berlatih dan mengembangkan organisasinya menjadi lebih aktif.

Untuk menjaga kualiatas lomba VW ini, unsur juri terdiri dari PMI Pusat, PMI Provinsi Jawa Tengah, PMI Kota Surakarta. Juri adalah orang yang profesional, terspesialisasi, dan bukan merupakan pelatih dari PMR sekolah manapun. Evaluasi lomba juga diadakan sebagai ajang edukasi untuk meningkatkan pengetahuan anggota PMR tentang materi yang dilombakan dan diisi oleh juri. Selain itu, terbukti VW ini dari tahun ke tahun mendapatkan rekomendasi dari PMI Pusat sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitas lomba VW ini.

VW telah dilaksanakan rutin setahun sekali sebanyak 5 kali, dimulai pada tahun 2011 dan di tahun 2015 kemarin telah diadakan pada tanggal 18-20 Desember 2015. Antusias dari peserta VW dari tahun pertama sampai kelima ini juga semakin meningkat. Memang, dalam acara VW ini tidak hanya berisikan acara lomba saja melainkan juga ada acara Karya Wisata di Solo, Bakti Sosial ke Griya PMI, Senam, Morning Milk, dan Outbound sehingga peserta tidak jenuh dan bisa lebih fresh setelah melaksanakan lomba.

Diharapkan setelah mengikuti VW, terjadi peningkatan kapasitas anggota PMR khususnya di bidang kepalangmerahan, dan meningkat pula silaturahmi antar anggota PMR. Untuk selanjutnya, kami meminta doa dan support positif untuk terselenggaranya kembali VW yang ke 6. Semoga VW selanjutnya bisa lebih baik dan mampu memperluas sayapnya bukan hanya se-Pulau Jawa namun lebih luas lagi. Sehingga apa yang kita cita-citakan dapat tercapai. SIAMO!!!