D

E

SURAKARTA – Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan tranfusi darah, KSR PMI Unit UNS bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta mengadakan kegiatan donor darah rutin.

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan pada tanggal 23 September 2014 bertempat di Student Center UNS. Acara donor darah tersebut dimulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB dengan pelaksanaan donor dilakukan oleh 4 orang petugas dari Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta.

Kegiatan donor darah rutin tersebut berlangsung cukup meriah, selain antusiasnya para pendonor untuk mengikuti kegiatan donor darah, acara donor darah ini juga di hibur dengan pemutaran film yang dipersiapkan guna memeriahkan acara donor darah. Sebanyak 51 pendonor mendonorkan darahnya.

Pada acara donor darah tersebut, para calon pendonor terlebih dahulu mengisi formulir kesiapan untuk mendonorkan darahnya, setelah itu pendonor melakukan cek HB darah dan tensi darah sebelum di ambil darahnya. Tidak hanya bermanfaat untuk orang yang membutuhkan transfusi darah, donor darah juga bermanfaat bagi si pendonor itu sendiri. Manfaatnya yaitu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat tubuh, mendapatkan kesehatan psikologis, dan mendeteksi penyakit serius.

G