3

Minggu tanggal 07 September 2014 telah dilaksanakan kegiatan Penyuluhan Kanker Serviks dan IVA TEST Gratis yang digelar oleh KSR PMI Unit UNS bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar dan Rumah Sakit Umum Daerah Moewardi. Kegiatan ini dimulai dengan acaraPenyuluhan Kanker Serviks yang dilaksanakan di pagi hari pada pukul 09.00 WIB di Medical Center UNS Lt.2 dengan narasumber Dr. Teguh Prakosa, Sp.OG(K) dari RSUD Moewardi. Acara dimulai dengan penyuluhan seputar kanker serviks, kemudikan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Dr. Teguh Prakosa, Sp.OG berharap ibu-ibu dapat menambah pengetahuan betapa pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi . Sementara itu, Komandan KSR PMI Unit UNS Hasan Syamsuri, berharap dengan pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini akan memperoleh tambahan informasi dan pengetahuan tentang bagaimana melindungi diri dari kanker serviks.

Sekedar informasi bahwasanya Kanker serviks atau servical cancer adalah jenis penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim atau serviks. Yaitu, bagian rahim yang terletak di bawah, yang membuka ke arah liang vagina. Dan penyebab kanker serviks yaitu oleh HPV (human papiloma virus).

Sedangkan istilah test yang digunakan untuk mendeteksi dini kanker ada 2 yaitu:

  • IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) yaitu pemeriksaan leher rahim dengan cara melihat langsung leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3-5%. Bila setelah pulasan asam asetat 3-5% ada perubahan warna, yaitu tampak bercak putih, maka indikasi terdapat lesi kanker.
  • Papsmear yaitu pemeriksaan dengan cara mengambil cairan di porsio (dalam leher rahim) dan kemudian di fiksasi dengan alkohol 95% untuk di bawa ke laboratorium untuk di periksa lebih lanjut menggunakan mikroskop.

Pada kegiatan ini dilanjutkan dengan IVA TEST yang dinilai lebih akurat dan efektif dibandingkan Papsmear.  Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar yang dilaksanakan di Medical Center UNS Lt.1. Dari 30 peserta yang mengikuti penyuluhan, beberapa memenuhi kriteria untuk dapat dilakukan IVA TEST. Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar, dengan berbagai masukan dan pengalaman pada kegiatan ini, nantinya akan dijadikan sebagai pembelajaran unutuk Kami agar lebih dapat mengabdi terhadap masyarakat (KSR UNS).

1 2