Cina Donasikan USD 100.000 untuk Korban Gempa Lombok

Melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Pemerintah China menyalurkan bantuan sebesar US$ 100.000 dollar atau setara dengan Rp 1,4 miliar untuk membantu korban bencana gempa Lombok.

“Kami berempati dengan rakyat Indonesia di masa yang sulit ini dan siap memberikan bantuan bencana. Kami percaya masyarakat Indonesia pasti akan mengatasi bencana ini dan membangun kembali rumah mereka,” ujar Xian Qian, Duta Besar China untuk Indonesia, di Kantor PMI, Jakarta Pusat, Rabu (8/8/2018).

Dalam kesempatan tersebut Pemerintah China juga menyalurkan sebanyak 2.000 tenda, 2.000 kasur, dan 5.000 selimut untuk para korban.

“Suplai bantuan ini diharapkan akan dikirimkan ke orang-orang di daerah yang terkena bencana, segera setelah Cina dan Indonesia yang selama ini saling membantu di saat saat sulit,” ujar Xian Qian.

Xian Qian mengatakan selama gempa terjadi lebih dari 40 turis asal Tiongkok ikut terdampak.

Namun berkat kerjasama yang baik dari kedua belah pihak, permasalahan tersebut dapat terselesaikan.

“Saya sangat percaya bahwa di bawah kepemimpinan yang kuat dari Presiden Joko Widodo, di bawah kepemimpinan yang kuat dari upaya bersama dari masyarakat Indonesia termasuk PMI, daerah terdampak akan dapat membangun kembali rumah mereka segera,” ucap Xian Qian.

Sementara Pelaksana Harian Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita mengatakan bantuan yang diberikan China tersebut merupakan bantuan pertama yang diberikan dari dunia internasional untuk korban Lombok.
“Untuk bantuan terbesar hingga saat ini baru diberikan dari China ini, dan kita sunggu berterimakasih,” ujar Ginandjar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*