Menyambut Kelahiran Bayi ? Senam Ibu Hamil Solusinya

Pemateri Seminar Ibu Hamil

Bertempat di Aula Kecamatan Jebres, Senam dan Seminar Ibu Hamil dengan mengambil tema“Mempersiapkan Kelahiran Menyambut Buah Hati dengan Bahagia” pada Sabtu 31 Maret 2018 oleh KSR PMI Unit UNS berjalan dengan lancar. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya 23 ibu hamil dari se-karisidenan Surakarta.

Diawali dengan penuturan oleh Ibu Rud Widiatmini, seorang Bidan dari Medical Center UNS tentang baby blues atau gangguan psikologis yang akan dialami oleh setiap ibu setelah melahirkan. Dilanjutkan Ibu Rahma Saniatuzzulfa selaku salah satu dosen Fakultas Kedokteran UNS tentang psikologi setiap ibu dimasa kehamilannya serta Ibu Dwi Winarni, Kepala Bidang Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo bahwa pola asuh, pola asih dan pola asah sangat penting diberikan oleh orang tua kepada bayinya.

Dengan mengangkat tiga sub tema yang penting ini KSR PMI Unit UNS selaku penyelenggara, bertujuan mempersiapkan generasi mendatang yang lebih baik sedari dalam janin. Selain itu, untuk menambah wawasan bagi ibu hamil sehingga menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

Kegiatan ini juga memfasilitasi ibu hamil untuk melakukan senam khusus dan pengecekan kesehatan detak jantung janin sebagai perwujudan pola asah orang tua.  Ibu Dwi Winarni juga menuturkan komunikasi dengan bayi merupakan wujud dari pola asih serta tanggungjawab orangtua sebagai bukti dari titipan Tuhan adalah bagian yang harus diperhatikan bagi setiap ibu hamil. “Saya senang sekali dan sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh KSR PMI Unit UNS. Sebagai wujud pengabdian masyarakat khususnya bagi ibu hamil, acara ini sangat bagus karena ikut berupaya untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi,” tutur Kepala Bidang Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Dwi Winarni.

Peserta Sedang Melakukan Senam

” Sering- sering diadain aja, kegiatan yang bermanfaat bagi ibu hamil, juga kegiatan seperti ini sangat jarang diadakan. Menarik sekali karena saya juga pertama kali hamil, jadi pengin tahu lebih lanjut tentang kehamilan” tutur salah satu peserta Seminar dan Senam Ibu Hamil.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*