Diklat Lapang KSR UNS XXVII di Ngargoyoso

Pada hari Kamis (05/10) sampai Minggu (08/10), DIKLATSAR XXVII  lapang oleh KSR PMI Unit UNS telah sukses diselenggarakan di Ngargoyoso, Jawa Tengah. Acara yang dihadiri oleh 59 orang peserta ini merupakan kegiatan untuk menjaring calon-calon relawan baru yang siap diterjunkan dalam bencana atau kegiatan kepalang merahan lainnya. Pada pendidikan dan pelatihan dasar ini, peserta benar-benar dilatih fisiknya agar lebih kuat dan siap saat berada di lokasi bencana dengan keadaan lingkungan yang beraneka macam. Selain itu, peserta juga dilatih mentalnya agar tangguh seperti seorang relawan sejati.

Peserta Diklatsar sedang mengevakuasi korban ke tempat yang lebih aman

Selama empat hari tersebut, peserta juga mengaplikasikan cara pertolongan pertama yang telah diajarkan saat DIKLATSAR ruang pada hari Jumat (29/09) sampai Minggu (1/10) lalu. “Diklatsar kemarin luar biasa, aku nggak nyangka bisa ngangkat tas carier yang berat banget. Terus aku baru sadar, ternyata aku lebih kuat daripada yang aku pikirkan. Tetapi dalam keadaan lelah seperti apapun, aku tetap harus bisa memberikan pertolongan pertama dengan benar kepada orang yang membutuhkan. Dan yang aku rasakan setelah diklat kemarin itu, campur aduk, seneng banget bisa belajar kompak dalam satu tim, saling membantu, saling pengertian dan saling peduli antar sesama.” tutur Rina Wati Ayu dari program studi D3 Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Peserta Diklatsar sedang membuat tandu darurat untuk improvisasi ketika tidak ditemukan tandu lipat 

“Diklat kemarin itu seru banget, dapat pengalaman baru dan dapat teman baru. Disana tidak hanya dilatih untuk menjadi relawan, tetapi juga diajarkan rasa kekeluargaan supaya kami semua bisa kenal dan kompak satu sama lain. Dan setelah banyak perjuangan, saat dilantik itu rasanya luar biasa.” tutur Bondan dari program studi D3 Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. “Selama empat hari kemarin benar-benar luar biasa, sampai sekarang aku belum bisa move on. Nggak nyangka ternyata kalau aku berlatih, aku bisa kuat banget. Nggak nyesel bertahan di Diklat KSR UNS” tutur Indriani salah satu peserta dari prodi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Peserta Diklatsar sedang mengakrabkan diri satu sama lain

“Alhamdulillah, Diklat kemaren berjalan lancar dari tanggal 29 September sampai 1 Oktober untuk diklat ruang dan dilanjutkan pada tanggal 5 sampai 8 Oktober untuk diklat lapang. Di Diklatsar KSR yang ke 27 ini telah dilantik sebanyak 59 orang anggota. Saya selaku Komandan berterimakasih kepada semua unsur kepanitiaan, termasuk dukungan alumni yang ikut mensukseskannya. Semoga temen-temen angkatan 27 bisa menjadi relawan yang berguna bagi KSR, PMI dan masyarakat” ujar Ridwan Al Aziz Loasana selaku Ketua atau yang biasa disebut Komandan KSR PMI Unit UNS

Peserta Diklatsar sedang melakukan perjalanan jauh (long march

 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*