Pada hari Jumat (29/09) sampai Minggu (1/10), KSR PMI Unit UNS telah sukses mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar untuk calon angkatan 27 di Kampus V FKIP Pabelan. Acara ini dihadiri oleh 116 mahasiswa yang terdiri dari berbagai program studi di Universitas Sebelas Maret.

Seluruh peserta sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya saat pembukaan DIKLATSAR XXVII

Selama tiga hari, seluruh peserta DIKLATSAR XXVII diberikan materi tentang Kepalang Merahan. Materi ini meliputi Code of Conduct dan Safer Access saat menjadi penolong, Hukum Perdata Internasional, Incident Command System, pertolongan pertama dasar, resusitasi jantung dan paru-paru, kedaruratan medis, luka bakar, cedera otot rangka, cedera jaringan lunak, cedera tulang belakang (spinal) serta evakuasi dan transportasi korban. Tidak hanya pengertian ataupun tanda-tanda yang terlihat oleh korban dengan cedera tersebut, peserta juga diberi tahu cara menangani apabila ada korban dengan ciri-ciri mengalami cedera tersebut.

dr. Muhammad Eko Irawanto selaku pembina KSR PMI Unit UNS yang sedang menjelaskan materi tentang kedaruratan medis

Selain materi, peserta juga diberi kesempatan untuk menjadi penolong saat terjadi bencana. Jadi calon anggota KSR UNS angkatan XXVII ini langsung mempraktekkan apa yang telah mereka dapatkan dalam simulasi bencana (Pertolongan Pertama dengan Korban Banyak), dengan korban yang mengalami berbagai keluhan.

Peserta DIKLATSAR XXVII sedang mengevakuasi korban menggunakan tandu

Untuk mempersiapkan DIKLATSAR lapang pada 5-8 Oktober besok, peserta juga dibekali materi manajemen perjalanan, bivak, packing, serta cara memasak menggunakan kompor lapang.

Peserta DIKLATSAR XXVII sedang melihat cara memasak menggunakan kompor lapang yang diperagakan oleh anggota KSR UNS

“Alhamdulillah, DIKLAT ruang untuk calon angkatan 27 ini berjalan dengan lancar. Para peserta terlihat antusias saat materi diberikan dan saat praktek pertolongan pertama dengan korban banyak. Kerjasama yang baik dari seluruh panitia DIKLATSAR XXVII juga menunjang kesuksesan acara ini.” tutur Arfin Dwi Setiawan selaku ketua acara DIKLATSAR XXVII KSR UNS.