KSR UNS sebagai Peserta Terbaik ke-2 dalam Pelatihan PP SAR Air ke IX di Bali

Minggu, 30 Juli 2017 KSR UNS mengirimkan 2 delegasi untuk mengikuti Pelatihan Pertolongan Pertama Search and Rescue ke IX di Bali, delegasi terpilih yaitu Euinike Paramita angkatan 25 dan Wuri Prasetyo angkatan 26 yang telah mengikuti serangkaian seleksi, diantaranya seleksi fisik, seleksi renang, seleksi pertolongan pertama dan wawancara.

 

Wuri dan Euinike sebagai delegasi dari KSR UNS dalam Pelatihan PP SAR Air ke IX di Bali

Pelatihan berlangsung 9 hari dimulai 31 Juli sampai 7 Agustus 2017 yang berlokasi di Bali tersebar dibeberapa tempat yaitu Kampus Pascasarjana Universitas Mahasaraswati Denpasar, Gedung Kopertis Wilayah VIII Bali Nusra, PMI Kota Denpasar, Kolam Renang dan Pantai Patrajasa, Badung. Peserta pelatihan ini berasal dari seluruh wilayah di Indonesia.

Tepatnya pada hari Senin, 31 Juli 2017, delegasi KSR UNS tiba di Despasar. Sesampainya di lokasi, delegasi KSR UNS chek in, dilanjutkan registrasi ulang, pre-test, technical meeting dan pengakraban dengan peserta lainnya. Selanjutnya acara dimulai dengan upacara pembukaan pelatihan di gedung Kopertis Wilayah VIII Bali Nusra yang dilanjutkan seminar nasional “Kampus Siaga Bencana”

Praktek jaw thrust pada korban yang kesulitan bernapas

Hari ke-tiga dan ke-empat, pelatihan pertolongan pertama dilaksanakandi PMI Kota Denpasar, tidak hanya materi peserta juga diberikan sesi praktek pertolongan pertama saat kelas-kelas kecil, yang dilengkapi dengan simulasinya. Hari berikutnya, peserta mendapatkan sesimateri dan pelatihan yang dilanjutkan dengan  tes berenang di kolam renang.

Peserta pelatihan melakukan run swim run

Di hari ke-enam dan ke-tujuh peserta menjalani pelatihan di Pantai Patrajasa. Pantai yang terletak di sebelah Bandara Internasional Ngurah Rai. Pelatihan kali ini sangat menantang karena menghabiskan banyak energi dimana peserta harus melakukan run swim run (berlari sejauh 100 meter di pasir, lalu berenang 100 meter, dan dilanjut berlari lagi 100 meter di pasir). Peserta juga melakukan simulasi pertolongan pertama di air dan berperan sebagai tim penyelamat dengan total 10 korban yang tersebar di seluruh area pantai. Hasilnya peserta dapat menyelesaikan simulasi dengan sangat baik dan mendapat pujian dari para pelatih dari PMI maupun BASARNAS.

Minggu, 6 Agustus 2017 semua peserta dan panitia melakukan aksi sosial membersihkan sungai yang ada di kota Denpasar dilanjutkan post-test, dan penutupan rangkaian acara pelatihan. Dalam penutupan acara, diumumkan peserta terbaik Pelatihan PP SAR Air ke IX dimana delegasi KSR UNS mendapatkan gelar sebagai peserta terbaik ke-2 menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Universitas Sebelas Maret khusunya KSR PMI Unit UNS.

Hari berikutnya peserta mendapatkan tour keliling Bali yang telah disiapkan oleh panitia, fasilitas yang diberikan yaitu peserta dapat melakukan rafting, berkeliling di Pura Taman Ayun dan menikmati sunset di Tanah Lot, baru keesokan harinya, delegasi dari KSR UNS pulang ke Solo.

Penyerahan piala terbaik ke-2 untuk KSR UNS

“Pengalaman berharga, keluarga baru, ilmu yang tidak dapat digantikan dan kesempatan mengharumkan nama UNS adalah sedikit dari banyak hal yang dapat dipetik dari serangkaian pelatihan selama 9 hari ini” tutur Eunike Paramita.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*