LKPA XXVI KSR UNS

Water Rescue

Latihan Ketrampilan dan Pengembangan Anggota untuk angkatan XXVI KSR PMI Unit UNS yang dimulai sejak tanggal 19 Februari hingga 6 Mei 2017 telah berjalan dengan lancar. Acara yang diperuntukkan hanyak untuk anggota muda agar siap diterjunkan dalam event apapun bahkan hingga bencana apapun ini terdiri dari serangkaian materi dan praktek. Materi maupun praktek yang diberikan  meliputi pertolongan pertama, perawatan keluarga, pendidikan remaja sebaya hingga menejemen bencana.

diawali dengan Go LKPA pada tanggal 19 Februari 2017 yang berisi tata tertib dan runtutan materi untuk apa-apa yang akan didapatkan oleh temen-temen XXVI diberika terlebih dahulu supaya peserta ada gambaran tentang materi yang akan didapatkann. Selain itu juga menyamakan waktu agar mayoritas dari peserta dapat mengikutinya. Karena anggota XXVI terdiri dari mahasiswa dari berbagai jurusan yang berbeda dan tentunya mempunyai jadwal kuliah yang berbeda pula.
Terdapat beberapa materi yang diberikan kepada anggota, salah satunya ada pertolongan pertama kepada korban dengan sub bab Kepalangmerahan, Hukum Perikemanusiaan Internasional, Dasar pertolongan pertama, Anatomi dan fisiologi, Assesment atau Penilaian, Bantuan Hidup Dasar, Perdarahan, Syok, Jaringan lunak, Patah tulang, Cedera kepala leher tulang belakang serta dada, Luka bakar, Evakuasi atau Pemindahan, Kedaruratan medis, Keracunan dan Incidental Command System and Triage (ICS). Didalam materi evakuasi, terdapat tiga tempat untuk prakteknya yaitu pemindahan korban ditempat yang terjangkau, ada vertical rescue dan water rescue. Vertical rescue adalah teknik evakuasi penyelamatan korban ke lokasi yang lebih aman dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau sebaliknya, pada medan yang curam/terjal baik kering maupun basah. Kemudian water rescue merupakan salah satu teknik pertolongan yang dilakukan di air. Atau suatu tindakan penyelamatan secara efektif dan efisien, jika korban berada dalam keadaan yang mengkhawatirkan di dalam air.

Vertical Rescue Indoor

 

Water Rescue @Tirtomoyo

“pemateri menyampaikan materi dengan maksimal, baik dari temen-temen KSR sendiri maupun pemateri dari luar KSR. buat peserta dari LKPA sendiri, mereka terlihat antusias saat mengikuti kegiatan ini, terlihat dari presensi peserta yang datang banyak meskipun ada juga beberapa pertemuan yang jumlahnya tidak terlalu banyak, mengingat karena kesibukan kuliah maupun hal yang lainnya.” tutur Erik Widiyanto selaku kabid Sumber Daya Anggota KSR UNS 2017

“Seneng karena di LKPA ini bisa tambah ilmu banyak banget, tambah temen-temen deket dari angkatan XXVI juga. Walaupun kadang udah capek karena habis kuliah, materi dari pemateri tetap semaksimal mungkin aku dengarkan.” Cerita dari Fenica Anvasha, salah satu anggota XXVI yang mengikuti LKPA.

“Angkatan XXVI ini semangatnya saya akui jempol, meskipun penangkapan materi setiap peserta berbeda-beda, ada yang cepet nangkap materi dan ada yang lama, tapi itu wajar. Mereka saling bantu satu sama lain, jadi pas ndak ada materi, mereka kumpul dan belajar bareng sama temen lain yang saat materi berhalangan hadir.” tutur Dimas Tri Suseno selaku pemateri pertongan pertama serta menejemen bencana.

Sederetan materi yang disampaikan diatas merupakan persiapan dalam menghadapi praktek menejemen bencana (MB). Praktek MB dalam LKPA ini dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 24 April dan 6 Mei 2017. Tujuan dari menejemen bencana ini adalah agar temen-temen XXVI dapat siap diterjunkan dalam bencana, serta agar dapat menemejemen seluruh aspek yang berkaitan dengan kebencanaan.

“Saat praktek menejemen bencana yang pertama temen-temen XXVI masih kurang baik dalam mengerjakan tugasnya masing-masing, mungkin karena masih binggung atau kaget dengan kondisi yang dibuat agar menyerupai dengan bencana yang asli. Tetapi saat praktek yang kedua sudah lebih baik, terbukti dari pembuatan water and sanitation serta nasi yang dibuat oleh dapur umum layak untuk dimakan. ” tutur Rosewati Indrani selaku pemateri assestment bencana dan water and sanitation.

Manajemen Bencana @Fakultas Kendokteran

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*