Lebaran Bukan Tambah Lebar (!)

KSR PAGI!!!

Libur telah tiba, libur telah tiba! Menyambut liburan semester genap berbarengan dengan adanya Lebaran tentunya menjadi momen untuk kita sejenak bersantai dari rutinitas harian yang membuat jenuh. Apalagi setelah melewati bulan Puasa. Sudah menjadi hal wajar bahwa liburan selalu membuat kita jadi ‘lebaran’ [tambah lebar,red]. Sudah libur, ada hari besar dimana kita bisa ‘balas dendam’ pada diet keseharian kita.

Kali ini, mimin akan bantu readers semua untuk ‘melakukan tindakan yang diperlukan’ pasca ‘pembalasan dendam’ pada makanan lezat kaya lemak jahat dan kalori bertumpuk. Yuk, kita simak!

oporMakanan khas lebaran. Sumber https://dapurelkaje.files.wordpress.com/2012/08/set9.jpg

Pasca konsumsi lemak besar – besaran, jangan tinggalkan waktu makan!

Nah, hal ini sering terjadi karena kita berfikir dengan mengurangi atau meninggalkan pola makan teratur yang sudah biasa dilakukan. Jika biasanya makan 3 kali sehari, jangan dijadikan 2 kali sehari. Karena kita akan cenderung makan dengan porsi ekstra pada saat makan dan ini membuat keputusan untuk mengurangi waktu makan jadi sia – sia. Hal ini juga membuat tubuh lemas pada saat jam produktif.

Perbanyak frekuensi makan.

Well, jangan kaget. Yang dimaksud menambah ini, kita jadikan pola makan 3 kali sehari menjadi 4 atau 5 kali, namun tentunya dengan diet yang sehat. Cukup rubah menu dan porsinya menjadi lebih kecil. Hal ini menguntungkan karena mencegah adanya penimbunan makanan berlebih ketika kita masuk ke waktu makan lagi.

Makanlah ketika lapar, tapi berhentilah sebelum kenyang.

Pola makan ini sudah sangat familiar di kalangan Muslim, ya? Ya, tujuannya sama seperti pada poin sebelumnya, mencegah adanya penumpukan makanan di perut. Selain itu, ini juga sehat untuk metabolisme tubuh kita dan mencegah kita ngantuk pada jam kerja.

Yang terakhir, jika mau menekan asupan kalori pada tubuh, cobalah ganti sumber karbohidratmu!

nasi merahSajian nasi merah lengkap, gantikan menu nasi putih. Lebih sehat. Sumber : http://www.omahsoloresto.com/images/pecel_sego_abang1a.jpg

Cara ini cukup ampuh dan sudah terbukti pada sebagian orang. Mudah saja, jika kita terbiasa makan dengan nasi putih, coba ganti dengan nasi merah yang merupakan sumber karbohidrat kompleks. Bisa juga dengan makanan oat. Karbohidrat kompleks mencegah kita cepat lapar namun tetap mengisi energi tubuh. Readers bisa juga mengganti asupan gula ke gula rendah kalori. Seimbangkan semua pola yang sudah kita susun dengan konsumsi air putih yang cukup.

Well, itu tips&tips yang bisa mimin berikan karena cara ini yang mimin dan keluarga gunakan untuk mencegah Lebaran jadi tambah lebar. Tapi, semua Tips&Tips ini juga tidak akan berfungsi jika tidak dibarengi kemauan kuat dan konsistensi readers semua. Plus, akan sama saja jika readers mengubah menu namun membesarkan porsi ataupun mengurangi porsi tapi mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan kalori. Semangat untuk gaya hidup lebih sehat, readers!

Post Hint : [Tips&Tips] Berbagai Menu Sehat Atur Diet Yang Berkualitas (coming soon)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*