LKPA : Vertical Rescue dan Water Rescue [Pra Lapang]

Screenshot_2016-04-23-21-09-05

Atiqa Ulfa, salah satu anggota yang mengikuti LKPA Water Rescue, mencoba menggunakan Life Jacket di Kolam Renang Tirtomoyo, Jebres Sabtu (23/4).

[SURAKARTA] Dalam 2 pekan terakhir, Sabtu -Minggu (16-17/4) dan Hari ini (23/4), KSR PMI Unit UNS mengadakan pelatihan anggota dengan materi Vertical Rescue dan Water Rescue. Bekerjasama dengan MAPALA UNS Garba Wira Buana sebagai pemateri Vertical Rescue dan anggota mantan delegasi terbaik 2 dan 5 Pelatihan SAR Air Nasional KSR Perguruan Tinggi Se Indonesia tahun 2015 dan mantan delegasi terbaik 2 dan 3 untuk pelatihan yang sama di tahun 2013 sebagai pemateri Water Rescue, anggota muda KSR PMI Unit UNS angkatan XXV memperoleh materi praktikal yang merupakan skill unggulan dari relawan KSR UNS.

nyobo  Pelatihan Vertical Rescue, peserta praktek rapling dengan safety protocol di Jembatan Jurug, Minggu (17/4). Tampak pemateri dari MAPALA Garba WIra Buana (kaos hitam) memfasilitasi peserta untuk melakukan rapling. [Foto : SAK]

Pelatihan Vertical dan Water Rescue menjadi penting untuk meningkatkan kapasitas anggota, mengingatnya KSR UNS beberapa kali ikut turun dalam insiden Kecelakaan Air (LAKA Air). Kemampuan ini juga menjadi skill unggulan relawan KSR UNS karena adanya anggota yang pernah mengikuti pelatihan dan menyandang gelar delegasi terbaik.

nyobo2Peserta praktek penyelamatan di air (foto kiri) dan peserta orientasi medan dengan arahan dari pemateri, Hasan Syamsuri (foto kanan, ujung jauh). Anggota antusia terhadap materi Water Rescue yang dilaksanakan di kolam renang Tirtomoyo Jebres, Sabtu (23/4). [Foto : ET]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*